Ide Kreatif Membuat Bunga Euphorbia dari Kain Flanel

Ide Kreatif Membuat Bunga Euphorbia dari Kain Flanel

Bunga euphorbia adalah bunga yang sering ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Bunga ini tergolong bunga yang indah dan cantik. Meskipun indah, bunga euphorbia memiliki banyak duri yang lumayan tajam pada batangnya. Jadi kita harus hati-hati dan menjaga jarak ketika berada di dekatnya. Karena keindahannya inilah yang telah menginspirasi saya untuk membagikan ide kreatif membuat bunga euphorbia dari bahan kain flanel.

Hiasan Bunga Euphorbia 

Bagi anda pecinta tanaman hias tentunya pernah terlintas di benak bagaimana agar bunga yang indah tersebut bisa diletakkan di dalam ruangan. Misalnya bunga euphorbia, meskipun bunga ini termasuk tanaman yang mudah perawatannya karena tidak menyukai banyak air. Kita cukup menanamnya pada pot atau menanamnya langsung pada media tanah. Sinar matahari yang cukup sangat dibutuhkan oleh bunga ini. Ketika berbunga, ia akan membentuk seperti kelompok bunga. Jadi bunga euphorbia ini terdiri dari beberapa tangkai yang bergerombol. Itulah keunikan bunga euphorbia yang indah dipandang mata.



Harus kita akui, bunga euphorbia memang sangat indah dan cantik. Meletakkannya di dalam ruangan adalah hal yang tidak disarankan karena durinya yang tajam bisa menjadi masalah yang sangat serius. Maka dari itu, kita bisa menyiasatinya dengan membuat bunga euphorbia palsu dari kain flanel seperti di bawah ini.

Bunga Euphorbia dari Bahan Kain Flanel

Bagaimana? Cantik kan bunga euphorbia dari kain flanel ini? Mirip tidak dengan aslinya? Anda juga bisa membuat bunga euphorbia dari kain flanel seperti bunga euphorbia hasil karya Kreasi Ceria ini.

Cara Membuat Bunga Euphorbia

Untuk membuat bunga euphorbia ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Kertas hvs untuk pola
3. Dakron
4. Kawat
5. Solasi hijau
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah membuat bunga euphorbia

Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkah membuat bunga euphorbia dari kain flanel.

Tutorial Cara Membuat Bunga Euphorbia dari Kain Flanel 1

1. Pertama-tama, buat pola dasar untuk pohon bunga euphorbia yang digambar di atas kertas hvs. Setelah itu gunting pola dasar pohon bunga euphorbia tadi. Siapkan dua kain flanel warna coklat lalu tumpuk dan terapkan pola pohon euphorbia dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

2. Sekarang kita buat tangkai bunga euphorbia. Potong kawat berukuran 5 cm. Untuk satu kelompok bunga kita butuh 4 tangkai bunga. Setelah itu lilit potongan kawat tadi dengan solasi hijau.

3. Saatnya membuat bunga. Gunting kain flanel warna pink berukuran kira-kira 3 cm x 3 cm. Potong sebanyak 8 untuk 4 bunga. Setelah itu gunting kain flanel tadi untuk membentuk mahkota bunga euphorbia seperti pada gambar.

4. Untuk tengahnya bunga, gunting kain flanel warna kuning. Buat bentuk lingkaran kecil sebanyak 4 buah. Tangkai ini untuk membuat putik bunga.

5. Langkah selanjutnya lubangi kain flanel kecil warna kuning tadi pada bagian tengahnya dan masukkan tangkai kawat lalu lengkungkan ujungnya untuk mengunci dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

6. Langkah berikutnya yaitu membuat bunga. Beri lem tembak pada sisi mahkota bunga lalu tumpuk dengan mahkota yang satunya. Pasang tangkai lalu beri lem tembak pada sisi mahkota yang satunya dan tumpuk dengan sisi mahkota yang satunya lagi sehingga saling terkait. Setelah itu beri lem tembak di tengahnya dan tempelkan bunga pada putik bunga.

Tutorial Cara Membuat Bunga Euphorbia dari Kain Flanel 2

7. Sampai di sini berarti proses membuat bunga sudah kita lakukan. Buat beberapa bunga. Pada tutorial ini terdapat 28 tangkai bunga euphorbia yang jika dikelompokkan empat-empat maka ada 7 kelompok. Lilitkan solasi hijau untuk menyatukan 4 tangkai bunga.

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat pohon bunga euphorbia. Kita gunakan tusuk feston untuk menggabungkan dua pola pohon yang sudah disiapkan tadi. Pada bagian ujung-ujungnya pasangkan bunga euphorbia.

9. Itulah hasilnya semua bunga euphorbia sudah terpasang pada pohon dan kita lanjutkan lagi langkah prosesnya.

10. Langkah selanjutnya, masukkan dakron pada pohon. Atur hingga dakron memenuhi pola pohon hingga berbentuk.

11. Untuk dasar pohon, potong kain flanel berbentuk lingkaran kemudian jahit dengan menggunakan teknik tusuk feston seperti pada gambar.

12. Langkah terakhir yaitu membuat daun. Potong kain flanel warna hijau menyerupai bentuk daun. Untuk jumlahnya sesuaikan dengan keinginan. Setelah itu tempelkan daun pada pohon bunga euphorbia. Dan proses membuat bunga euphorbia dari kain flanel sudah selesai. Bunga euphorbia dari kain flanel siap dipajang untuk mempercantik ruangan.

Itulah Ide Kreatif Membuat Bunga Euphorbia dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan di sini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar