Membuat Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel

Membuat Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel

Gantungan kunci adalah benda yang digantungkan dengan kunci agar kunci memiliki hiasan dengan demikian ketika membutuhkan maka kunci akan mudah ditemukan. Lain halnya dengan kunci yang polos hanya berupa kunci saja entah itu kunci lemari, kunci rumah, apa lagi kunci kontak sepeda motor. Tanpa aksesoris niscaya kita akan kebingungan mencarinya dikarenakan bentuk kunci yang kecil. Oleh karena itu diperlukan gantungan kunci.

Selain dari pada itu,  gantungan kunci juga bisa dijadikan untuk hiasan tas. Gantungan kunci kalau dalam bahasa Inggris namanya keychain. Seperti yang sudah kami buat kali ini adalah gantungan kunci model Teddy Bear dari kain flanel. Cara Membuat Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel ini juga cukup mudah. Anda juga bisa membuatnya. Kapan pun itu yang penting ada kemauan.

Gantungan Kunci Teddy Bear

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membuat gantungan kunci unik. Gantungan kunci tersebut memang saya gunakan untuk aksesoris kontak motor. Ternyata gantungan kunci yang sudah saya buat tersebut ada yang memintanya. Katanya untuk tugas prakarya di sekolah. Ya sudah, akhirnya saya berikan gantungan kunci tersebut. Dan saya membuat lagi dengan model yang tak kalah menarik.

Adalah gantungan kunci Teddy Bear. Ya, Teddy Bear adalah boneka beruang yang sudah sangat terkenal seantero jagat. Apa pun model boneka beruangnya, orang cenderung mengistilahkan dengan nama teddy bear meskipun boneka tersebut lebih mirip dengan panda.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis tidak lupa untuk berbagi ilmu entah itu berguna apa tidak, yang penting Kreasi Ceria sudah berusaha memberikan yang terbaik. Dan saya juga tahu, sudah banyak sekali bertebaran di luar sana aneka tutorial kerajinan yang bisa dijadikan bahan referensi. Namun tidak ada salahnya jika kami akan terus berbagi di blog sederhana ini.

Dan inilah hasil karya kami. Sebuah gantungan kunci teddy bear. Original content dari Kreasi Ceria. Gantungan kunci berbahan kain flanel yang empuk model teddy bear yang siap digunakan untuk mempercantik kunci

Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel

Bagaimana? Cantik kan? Bagaimana pun bentuknya, apa pun namanya, yang penting apa yang ada di sini adalah karya original dari tangan-tangan terampil Team Kreasi Ceria :)

Cara Membuat Gantungan Kunci Teddy Bear

Untuk membuat gantungan kunci teddy bear, peralatan dan bahan yang diperlukan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Mata boneka
5. Tali kur
6. Gantungan kunci
7. Pita
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Lem tembak

Langkah-langkah membuat gantungan kunci teddy bear

Tutorial Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel

1. Pertama-tama, kita buat pola dasar gantungan kunci teddy bear pada selembar kertas hvs atau kertas buku. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan. Pola dasar gantungan kunci teddy bear berupa pola bagian kepala, badan, kaki, moncong, dan telinga.

2. Langkah selanjutnya yaitu menerapkan pola dasar gantungan kunci teddy bear pada kain flanel. Pilih kain flanel warna cerah. Dan setelah kain flanel dipotong menurut pola, hasilnya tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya tempelkan potongan kain flanel untuk membuat moncong beruang. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk feston. Buat jahitan lurus dan tempelkan bulatan pada bagian tengahnya.

4. Langkah selanjutnya pasangkan tali kur dengan memasukkannya pada rantai gantungan kunci seperti pada gambar kemudian tempelkan pada bagian pola kepala boneka.

5. Selanjutnya jahit bagian pola kepala teddy bear. Gunakan teknik tusuk feston. Menjahitnya dimulai dari bawah. Selanjutnya beri lem tembak pada bagian atas dan tempelkan bagian telinga. Setelah itu lanjutkan proses menjahit nya dan sisakan kira-kira 1,5 cm untuk lubang masuknya dakron. Kemudian masukkan dakron dengan bantuan sumpit atau tusuk sate dan lanjutkan menjahit untuk menutup lubang masuknya dakron tadi.

6. Setelah itu pasangkan potongan kain flanel pada bagian telinga. Tempelkan kedua mata boneka. Untuk bagian mata boneka bisa menggunakan kain flanel.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat bagian kaki teddy bear. Jahit dengan teknik tusuk feston lalu masukkan dakron dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat rok. Lipat atau wiru pita berukuran lebar 3 cm. Sesuaikan. Setelah itu tempelkan roknya pada badan teddy bear. Tempelkan pita agak kecil pada rok bagian atas agar bentuk rok tampak seperti rok asli.

9. Langkah terakhir gabungkan badan, kepala, dan kaki teddy bear dengan cara dilem tembak. Pasangkan kepala dan kaki pada badan teddy bear. Selesai.

Gantungan kunci teddy bear dari kain flanel sudah jadi dan siap dipasangkan pada kunci lemari, kunci rumah, kunci kontak sepeda motor atau untuk hiasan tas.

Itulah sharing pengalaman Membuat Gantungan Kunci Teddy Bear dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar