Membuat Gantungan Kunci Unik Model Badut dari Flanel

Membuat Gantungan Kunci Unik Model Badut dari Flanel

Saya yakin anda semua pasti sudah tahu sosok aneh yang disebut badut. Biasanya badut-badut ini bisa kita jumpai di acara-acara tertentu misalnya ulang tahun. Sosoknya yang gembul dengan bedak tebal dan pakaian aneh memang terkesan lucu. Namun tidak sedikit anak kecil yang justru ketakutan tatkala melihat badut. Meskipun tidak semuanya. Karena ada juga yang malah senang dan berfoto-foro ria dengan om badut yang jenaka.

Terinspirasi oleh badut yang lucu inilah akhirnya saya mencoba untuk membuat gantungan kunci unik model badut dari kain flanel. Sekedar info, gantungan kunci model badut seperti yang saya buat ini, di luar negeri ternyata dibanderol dengan harga puluhan dollar. Dan seperti inilah model gantungan kunci badut yang sudah Kreasi Ceria buat. Anda pun juga bisa membuatnya kok. Jangan khawatir, karena ilmunya sudah pasti kami bagikan di sini.

Gantungan Kunci Badut dari Kain Flanel

Bagaimana? Bagus kan? Coba saja kalau dibuat dalam jumlah yang banyak lalu dijual dan laris manis. Menjualnya harus di luar negeri juga jika ingin sukses :)

Cara Membuat Gantungan Kunci Badut

Untuk membuat gantungan kunci badut, peralatan dan bahan yang diperlukan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Mata boneka
5. Gantungan kunci
6. Pita
7. Jarum dan benang
8. Gunting
9. Lem tembak

Langkah-langkah membuat gantungan kunci badut

Tutorial Gantungan Kunci Badut dari Kain Flanel Bagian 1

1. Pertama-tama, kita buat pola dasar gantungan kunci badut pada selembar kertas hvs atau kertas buku. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan. Pola dasar gantungan kunci badut berupa pola bagian kepala, badan, sepatu, tangan, dan rambut.

2. Langkah selanjutnya yaitu menerapkan pola dasar gantungan kunci badut pada kain flanel. Pilih kain flanel warna krem, coklat, dan hijau atau sesuai selera. Dan setelah kain flanel dipotong menurut pola, hasilnya tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya tempelkan potongan kain flanel untuk membuat mulut badut. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk feston. Buat jahitan melengkung untuk membuat mulutnya.

4. Setelah itu tempelkan bulatan di tengahnya untuk membuat bagian hidung boneka badut.

5. Langkah selanjutnya gabungkan dengan kain flanel yang satunya untuk membuat bagian kepala badut setelah itu jahit dengan tusuk feston. Pasangkan poni dan gabungkan dengan kain flanel warna coklat untuk rambut belakang.

6. Langkah selanjutnya yaitu menjahit dengan teknik tusuk feston. Pasangkan kedua mata boneka. Dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial Gantungan Kunci Badut dari Kain Flanel Bagian 2

7. Langkah selanjutnya yaitu menjahit sepasang sepatu dan masukkan dakron. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

8. Selanjutnya membuat bagian badan. Tempelkan sepasang sepatu boneka tadi pada bagian badan. Setelah itu tumpuk dengan pola bagian badan depan. Kemudian jahit dengan teknik tusuk feston.

9. Langkah selanjutnya membuat bagian tangan boneka. Jahit dengan tusuk feston dan masukkan dakron. Dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

10. Langkah selanjutnya gabungkan badan dan kepala boneka badut dengan cara dilem tembak. Usahakan bagian rambut belakang menutup bagian badan. Jadi lem nya ada pada rambut bagian dalam. Dengan demikian hasil penempelan menjadi kuat. Untuk mempercantik boneka, buat baju badut dari pita yang dijahit dengan teknik tusuk jelujur lalu tarik dan pasangkan bajunya. Jangan lupa, pasangkan juga bagian tangan boneka. Tempelkan juga bulatan-bulatan polkadot dari kain flanel. Untuk gantungan kuncinya, kaitkan pada bagian kepala. Buat topi boneka dari pita. Dan itulah gantungan kunci badut yang sudah selesai proses pembuatannya.

Demikianlah sharing pengalaman Membuat Gantungan Kunci Unik Model Badut dari Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar