Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel

Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel

Topi merupakan benda yang digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar matahari. Ketika berada di luar ruangan, maka benda ini menjadi sangat penting mengingat betapa sinar matahari begitu tidak bersahabat dengan kita di kala cuaca sedang terik.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan ide kreatif membuat topi cantik dari kain flanel. Kita semua tahu bahwa saat ini banyak sekali topi yang modelnya bagus-bagus dengan harga terjangkau. Namun pernahkah anda berpikir untuk membuat topi sendiri? Beberapa waktu yang lalu, saya ditanya anak sekolahan tentang bagaimana cara membuat topi karena kebetulan dia sedang ada tugas dari guru seni budaya dan ketrampilan. Tugasnya adalah membuat topi dari kain flanel.

Akhirnya saya iseng membuat topi flanel mencontoh model topi yang sudah jadi. Dan seperti inilah topi yang saya buat dari kain flanel.

Topi Cantik dari Bahan Kain Flanel

Bagaimana? Bagus kan?. Anda juga bisa membuatnya untuk dipakai sendiri atau untuk putri tercinta. Meskipun pada tutorial ini modelnya sebuah boneka, percayalah jika membuat topi asli caranya sama persis dengan membuat topi dari kain flanel seperti yang saya bagikan ini. Anda tinggal menyesuaikan saja ukurannya untuk topi sebenarnya.

Cara Membuat Topi dari Kain Flanel

Yang perlu kita ketahui sebelum membuat topi adalah bagian-bagian topi yang terdiri dari crown atau mahkota dan brim atau pinggiran topi. Untuk model yang saya buat ini brimnya hanya di depan seperti model topi upacara.

Untuk membuat topi flanel, kita siapkan dulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5.Lem tembak.

Tutorial Topi Cantik dari Bahan Kain Flanel 1

1. Pertama-tama ukur dulu lingkar kepala yang akan dibuatkan topi, misal topi untuk anak atau untuk orang dewasa. Pada tutorial ini topi yang dibuat memang untuk boneka.

Ukuran lingkar kepala digunakan untuk besar kecilnya crown/ mahkota topi. Sedangkan untuk brim/ pinggiran topi bisa disesuaikan dengan keinginan. Pada gambar adalah kain flanel yang dipotong membentuk lingkaran berdiameter 20 cm.

2. Langkah selanjutnya membuat wiru seperti pada gambar dengan bantuan jarum pentul hingga membentuk seperti mangkuk. Dan inilah yang dinamakan mahkota. Untuk ukuran mahkota atau lingkar topi 32cm.

3. Langkah selanjutnya potong kain flanel membentuk potongan lurus. Karena kain flanel yang digunakan berukuran 25 cm maka diperlukan 3 potong dan nantinya harus disambung. Langkah ini adalah proses membuat pinggiran topi.

4. Langkah selanjutnya yaitu menyambung kain sehingga hasilnya tampak seperti pada gambar. Ada dua bagian untuk luar dan dalam topi.

5. Langkah selanjutnya membuat brim atau bagian depan topi. Buat pola brim atau topi bagian depan seperti pada gambar lalu terapkan pada kai flanel.

6. Dan itulah brim yang terdiri dari 2 potongan kain flanel. Untuk ukuran brim bisa disesuaikan dengan keinginan.

7. Langkah selanjutnya yaitu menjahit brim lalu balikkan kain dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

Tutorial Topi Cantik dari Bahan Kain Flanel 2

8. Langkah selanjutnya yaitu menyatukan brim dengan pinggiran topi. Gunakan jarum pentul untuk memudahkan proses pengerjaan.

9. Langkah selanjutnya jahit brim dan pinggiran topi. Setelah itu buka lipatannya sehingga hasilnya tampak seperti pada gambar.

10. Langkah selanjutnya satukan bagian crown tadi dengan brim yang sudah dibuat tadi. Pindahkan jarum pentulnya lalu jahit melingkar mengikuti brim.

11. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya itu balikkan topi dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

12. Untuk bagian dalam topi, beri lem tembak dan lipat brim atau pinggiran topi dengan rapi.

13. Sampai di sini proses membuat topi sebenarnya sudah selesai karena topi sudah jadi dan terbentuk sesuai dengan keinginan hanya saja kita perlu menambahkan hiasan.

14,. Untuk hiasan, kita buat mawar gulung. Buat sebanyak 5 setelah itu tempelkan pada topi bagian depan dan selesai.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat topi dari kain flanel ini? Silahkan mencoba membuatnya juga ya dan terima kasih sudah membaca Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat

Baca juga:

Tidak ada komentar