Tutorial Kreasi Unik Amplop Lebaran dari Kertas Origami

Tutorial Kreasi Unik Amplop Lebaran dari Kertas Origami

Salah satu hari besar umat Islam adalah Hari Raya Idhul Fitri atau biasa disebut Lebaran. Sudah menjadi tradisi turun temurun pada saat lebaran adalah bersilaturrahim yaitu saling berkunjung ke rumah sanak keluarga dan handai tolan.

Amplop Lebaran

Idhul Fitri atau lebaran tidak lepas dengan amplop atau salam tempel. Pada umumnya, menjelang lebaran orang sibuk menukarkan uang baru. Untuk itu, kita bisa menukarkan uang baru di bank. Bahkan kita juga bisa mendapatkan segepok uang baru yang dijual di pinggir jalan.

Dan pada saat lebaran, yang paling berbahagia adalah anak-anak. Mengapa? Karena mereka adalah yang paling berhak menerima amplop lebaran. Tanpa adanya amplop, lebaran rasanya garing. Karena momen ini hanya setahun sekali. Berbagi kebahagiaan adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh orang yang memiliki penghasilan lebih. Memberi anak-anak amplop atau salam tempel setelah bersalaman adalah hal yang lazim. Meski isi amplop tidak seberapa, tapi hal itu bisa membuat anak-anak bahagia.

Untuk amplop lebaran itu sendiri, kini banyak sekali di jual di pasaran. Bentuknya sederhana tapi menarik karena dihiasi gambar-gambar yang bagus dan lucu. Namun sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dengan model yang tak kalah seru. Dan berikut ini adalah amplop lebaran yang dibuat dari kertas origami. Anda pun juga bisa membuatnya karena tutorial kreasi unik amplop lebaran dari kertas origami bisa anda dapatkan di sini.

Amplop Unik untuk Lebaran dari Kertas Origami

Amplop lebaran ini dibuat dari bahan yang mudah didapat yaitu dari kertas origami double face ukuran 16 x 16 cm dan lem kertas. Meskipun jika dipikir-pikir membeli amplop lebaran harganya juga tidak seberapa, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri. Dan lihatlah hasilnya, anak-anak pasti semakin senang.

Tutorial Amplop Lebaran

Berikut ini adalah langkah demi langkah membuat amplop lebaran. Amplop lebaran ini berbentuk bunny atau kelinci.

Tutorial Membuat Amplop Unik untuk Lebaran dari Kertas Origami

1. Pertama-tama siapkan kertas origami double face. Yaitu kertas origami yang depan dan belakang warnanya sama. Untuk warna bisa disesuaikan dengan selera.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola amplop. Buat pola amplop menggunakan kertas yang agak tebal bisa menggunakan kertas karton, kertas manila, maupun kertas sampul. Pola digambar dulu menggunakan pensil. Ada tiga bagian pola seperti pada gambar.

3. Potong pola yang sudah dibuat tadi. Untuk ukurannya yaitu panjang (tinggi) amplop 11 cm, lebar bagian bawah 10 cm, dan yang atas 8 cm. Untuk tutup amplop, ukuran panjangnya (tinggi) 8 cm dan lebarnya 6 cm. Telinga kelinci berukuran panjang 4 cm dan lebar 2 cm. Ukuran ini disesuaikan dengan besarnya ukuran kertas origami.

4. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kertas origami. Gunakan dua kertas dengan warna yang berbeda.

5. Setelah itu tempelkan bagian telinga dan lipat tutup amplop bagian atas seperti pada gambar.

6. Beri lem kertas dan tempelkan tutup amplop yang sudah dilipat bagian atasnya tadi tadi tepat pada tepi amplop.

7. Langkah selanjutnya gunting sedikit di tengah-tengah sisi amplop lalu lipat kedua tepi amplop seperti pada gambar.

8. Beri lem pada kedua tepi amplop dan lipat ke atas lalu tempelkan dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat sepasang mata kelinci lalu tempelkan. Buat gambar mulut kelinci menggunakan bolpoin lalu tempelkan potongan kertas kecil untuk hidungnya. Selesai.

Demikianlah Tutorial Kreasi Unik Amplop Lebaran dari Kertas Origami. Selamat mencoba. Buat yang banyak ya untuk dipakai sendiri atau untuk dijual :D

Baca juga:

Tidak ada komentar