Cara Mudah Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel

Masih dalam rangka membuat amplop lebaran. Kali ini penulis ingin berbagi cara mudah membuat amplop unik dari kain flanel. Amplop model kelinci yang pastinya amplop ini nantinya bisa digunakan pada saat lebaran Idhul Fitri. Proses membuat amplop ini cukup mudah karena tidak diperlukan proses menjahit. Cukup gunakan lem tembak atau lem fox.

Amplop Unik dari Kain Flanel

Jika biasanya kita harus membeli amplop untuk salam tempel. Tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri. Umumnya amplop yang dijual di pasaran terbuat dari bahan kertas bergambar yang lucu-lucu. Namun ada juga amplop yang dibuat dari kain spunbond. Kalau menurut saya, amplop yang dibuat dari kain spunbond cocoknya diberikan kepada orang yang lebih tua atau orang yang sudah lanjut usia karena amplop model seperti itu kurang menarik di mata anak-anak.

Lantas bagaimana membuat amplop yang bagus dan menarik? Caranya yaitu dengan membuat amplop sendiri dari bahan kain flanel seperti yang sudah saya sebutkan tadi. Meskipun bahan yang digunakan agak sedikit mahal jika dibandingkan dengan bahan kertas, namun amplop yang terbuat dari bahan kain flanel akan jauh lebih awet dan bisa digunakan untuk dompet. Lain halnya dengan amplop kertas yang sekali dibuka langsung sobek. Setelah uang diambil, amplop lucu pun harus berpindah ke tempat sampah.

Kalau saja amplopnya seperti gambar di bawah ini, apa mungkin masih tega membuangnya langsung ke tempat sampah setelah mengambil isinya?

Amplop Unik Model Kelinci dari Kain Flanel

Memang kalau dipikir-pikir model amplop itu sebenarnya tidak terlalu penting karena yang lebih penting adalah isinya. Namun tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk memberikan kesan yang lebih bermakna pada saat berbagi kebahagiaan dengan anak-anak salah satunya dengan memberi angpau atau amplop unik plus isinya yang disesuaikan dengan kemampuan tentunya. Dijamin anak-anak akan semakin senang. Dan yang memberi amplop pun akan mendapat pahala yang berlipat ganda karena sudah membuat orang lain bahagia.

Cara Mudah Membuat Amplop Unik

Untuk membuat amplop unik ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu kain flanel, velcro, mata boneka, gunting, dan lem tembak.

Tutorial Amplop Unik Bentuk kelinci dari Kain Flanel

1. Pertama-tama siapkan beberapa lembar kain flanel selanjutnya kita buat pola amplop terlebih dahulu. Buat pola amplop menggunakan kertas yang agak tebal bisa menggunakan kertas karton, kertas manila, maupun kertas sampul. Pola digambar dulu menggunakan pensil. Ada tiga bagian pola seperti pada gambar.

Potong pola yang sudah dibuat tadi. Untuk ukurannya yaitu panjang (tinggi) amplop 11 cm, lebar bagian bawah 10 cm, dan yang atas 8 cm. Untuk tutup amplop, ukuran panjangnya (tinggi) 8 cm dan lebarnya 6 cm. Telinga kelinci berukuran panjang 4 cm dan lebar 2 cm.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain flanel. Potong kain flanel menurut pola. Gunting sedikit di tengah-tengah sisi amplop seperti pada gambar untuk lipatan.

3. Langkah berikutnya potong lagi kain flanel dengan warna kain yang berbeda untuk bagian tutup amplop dan telinga kelinci. Dan hasilnya bagian-bagian amplop tampak seperti pada gambar.

4. Langkah selanjutnya tempelkan bagian telinga. Gunakan lem tembak atau lem fox seperti pada gambar.

5. Setelah itu beri lem tembak dan tempelkan tutup amplop tadi tepat pada tepi amplop dengan posisi lengkungan tutup amplop berada di atas.

6. Beri lem pada kedua tepi amplop dan lipat ke atas lalu tempelkan. Tekan-tekan dengan lembut agar lem menempel dan hasilnya bagus.

7. Itulah penampakan hasil pengerjaan amplop unik dari kain flanel dan kita lanjutkan proses berikutnya.

8. Langkah selanjutnya yaitu memasang velcro yang berfungsi untuk kancing amplop. Setelah itu tempelkan pada body dan tutup amplop.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat hidung, mulut, dan gigi kelinci. Setelah itu tempelkan pada tutup amplop. Tempelkan juga sepasang mata boneka. Selesai.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel. Selamat mencoba. Buat yang banyak untuk dipakai sendiri atau untuk peluang usaha di bulan puasa :)

Baca juga:

Tidak ada komentar