Tutorial Cara Membuat Mawar Indah Merekah dari Kain Satin

Tutorial Cara Membuat Mawar Indah Merekah dari Kain Satin

Setelah membuat aneka mawar baik dari kertas maupun kain, kali ini penulis ingin berbagi tutorial cara membuat mawar indah merekah dari kain satin. Ya, kain satin yang coraknya mengkilap dan sering digunakan untuk membuat bunga sebagai hiasan bross dan bando.

Mawar Indah Merekah dari Bahan Kain Satin

Mawar satin seperti ini biasanya digunakan untuk menghias sanggul. Bagi anda yang menekuni bisnis rias dan membutuhkan mawar dari kain, mungkin membuat sendiri mawar dari kain satin bisa anda coba. Anda bisa memanfaatkan perca kain satin yang ada. Karena biasanya baju-baju yang dimiliki salon rias banyak yang dibuat sendiri dari bahan kain satin. Dengan adanya mawar satin seperti yang sudah saya buat ini nantinya bisa dipasang kan pada baju yang juga berbahan kain satin sehingga baju dan aksesoris tampak serasi.

Bagaimana? Anda tertarik membuat mawar indah merekah dari kain satin seperti gambar di atas? Berikut ini tutorialnya ...

Cara Membuat Mawar Indah Merekah dari Kain Satin

Untuk membuat mawar indah merekah ini kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain satin
2. Korek gas
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5. Kain flanel
6. Lem tembak

Tutorial Mawar Indah Merekah dari Bahan Kain Satin

1. Pada gambar adalah kain satin berukuran panjang 46 cm dan lebar 6 cm, korek gas, dan peralatan menjahit yaitu jarum dan benang yang sudah disediakan.

2. Langkah selanjutnya, potong kain satin membentuk lingkaran dengan diameter 5 cm. Potong sebanyak 8 lembar. Untuk ukuran sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Semakin panjang diameter maka mawar terbentuk semakin besar. Agar serat kain tidak terburai, bakar sekeliling kain dengan korek gas

3. Selanjutnya potong lagi kain menjadi dua sehingga bentuknya menjadi bentuk setengah lingkaran dan jumlahnya menjadi 16 helai.

4. Langkah selanjutnya tumpuk kain satu persatu dengan cara menindih setengah bagian kain. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk jelujur dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

5. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya tarik benangnya sehingga membentuk kerutan setelah itu simpulkan benangnya untuk mematikan jahitan.

6. Langkah selanjutnya gulung kain hasil pengerjaan tadi. Beri lem tembak dan rekatkan sehingga terbentuklah mawar seperti pada gambar di atas. Atur mahkotanya agar bisa merekah.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun dari kain satin warna hijau. Potong kain satin menyerupai bentuk daun lalu bakar pinggirnya dengan korek gas.

8. Pasangkan daun pada mawar. Gunakan lem tembak sebagai perekat. Untuk menutup daun, potong kain flanel membentuk potongan lingkaran kemudian tempelkan potongan kain flanel tadi sehingga menutupi daun.

 9. Itulah mawar indah merekah dari kain satin yang sudah jadi dan siap digunakan untuk bross, hiasan jepit rambut, dan bando.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Mawar Indah Merekah dari Kain Satin yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar