Amplop Lebaran, Amplop Unik Model Kincir Angin dari Flanel

Amplop Lebaran, Amplop Unik Model Kincir Angin dari Flanel

Halo pembaca sekalian, kembali penulis hadir menyapa anda semua lewat artikel tentang amplop lebaran. Dan alhamdulillah selalu saja ada ide untuk membuat amplop yang unik. Dan pada kesempatan kali ini, Kreasi Ceria ingin berbagi ide kreatif amplop lebaran, amplop unik model kincir angin dari kain flanel. Ada-ada saja, masa amplop model kincir angin. Memang ada? Amplop itu umumnya ya dari kertas hehehe.

Percayalah, apa pun nama amplopnya, yang penting bentuknya unik lain dari pada yang lain. Dengan hadirnya amplop unik model kincir angin ini semoga bisa menyemarakkan suasana Idhul Fitri anda. Amplop unik model kincir angin bisa kita buat dengan mudah. Tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuat sebuah amplop. Dari selembar kain flanel berukuran 25 cm x 25 cm dapat menghasilkan 10 amplop kincir angin.

Dan inilah penampakan amplop lebaran, amplop kincir angin dari kain flanel. Bentuknya mirip dengan kincir angin asli yang ada di negeri kincir angin Belanda.

Amplop Lebaran Amplop Unik Model Kincir Angin dari Kain Flanel

Bagaimana amplopnya? Unik tidak? Atau malah cenderung aneh dan tidak umum? Kalau menurut saya justru amplop yang aneh-aneh itulah yang unik dan patut untuk dicoba. Pada dasarnya, tujuan membuat amplop yang unik adalah untuk menyenangkan anak-anak ketika hari raya tiba. Meskipun isi dalam amplop tidak seberapa, untuk menutupinya maka diperlukan amplop yang unik.

Nah, bagi anda yang kebetulan sedang mencari referensi untuk membuat amplop lebaran, amplop unik model kincir angin dan cara membuatnya bisa anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Amplop Unik Model Kincir Angin

Untuk membuat amplop kincir angin ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Pensil
3. Kertas untuk pola
4. Gunting
5. Lem tembak

Step by step Membuat Amplop Kincir Angin


Tutorial Amplop Lebaran Amplop Unik Model Kincir Angin dari Kain Flanel

1. Pertama-tama buat dulu pola dasar amplop agar proses pengerjaan menjadi lebih mudah. Untuk ukuran amplop panjangnya 6 cm dan lebarnya 5 cm. Untuk bagian atas amplop, sisi miringnya 4 cm, tingginya 4 cm dan lebarnya 7 cm.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain flanel dan hasilnya tampak seperti pada gambar yaitu bagian satu berbentuk persegi panjang dan bagian dua berbentuk segitiga dengan memiliki alas lengkung.

3. Langkah selanjutnya gulung kain flanel berbentuk persegi panjang tadi dengan bantuan pensil. Beri lem tembak pada bagian tepinya lalu rekatkan. Setelah itu lepaskan gulungan kain flanel tadi dari pensil.

4. Langkah selanjutnya beri lem tembak pada tepi amplop kedua. Setelah itu tempelkan dan didapat bentuk menyerupai kerucut. Jika ada kelebihan sehingga bagian bawahnya tidak sama, rapikan dengan gunting.

5. Langkah selanjutnya potong kain flanel membentuk lingkaran untuk alas amplop. Setelah itu potong kain flanel untuk baling-baling.

6. Langkah selanjutnya beri lem pada bentuk kerucut yang depan lalu tempelkan bagian atas amplop yang berbentuk pipa. Untuk bagian belakang dibiarkan saja tidak usah diberi lem untuk tempat masuknya uang.

7. Langkah selanjutnya tempelkan alas amplop pada amplop bagian bawah. Amplop yang dibuat memiliki penutup sehingga uang tidak mudah jatuh.

8. Langkah selanjutnya tempelkan baling-baling pada amplop dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

9. Langkah terakhir, potong kain flanel membentuk persegi panjang kecil yang diibaratkan sebuah pintu kemudian tempelkan pada bodi amplop dan selesai.

Demikianlah ide bisnis, ide kreatif yaitu Amplop Lebaran, Amplop Unik Model Kincir Angin dari Flanel. Selamat mencoba, selamat berkarya, dan selamat berbahagia di hari raya :)

Baca juga:

Tidak ada komentar