Cara Mudah Membuat Amplop Multifungsi dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Amplop Multifungsi dari Kain Flanel

Halo pembaca sekalian, masih semangat membuat amplop lebaran kan? Ayo koleksi amplop lebaran sebanyak-banyaknya untuk dipakai sendiri atau untuk dijual. Buat amplop lebaran dengan aneka model. Tutorial aneka bentuk amplop lebaran bisa anda dapatkan gratis di sini.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi ide kreatif amplop lebaran dan cara mudah membuat amplop multifungsi dari kain flanel. Amplop multifungsi? Ya, multifungsi artinya memiliki fungsi lebih dari satu dalam arti amplop yang biasanya berfungsi untuk membungkus uang ternyata juga bisa digunakan untuk hiasan pensil.

Amplop Lebaran Amplop Multifungsi dari Kain Flanel

Bagaimana amplopnya? bagus-bagus kan? Amplop multifungsi ini terdiri dari bermacam-macam karakter yang lucu dan unik. Jika biasanya nasib amplop setelah diambil isinya larinya pasti ke tempat sampah. Namun dengan adanya amplop unik multifungsi, amplop yang sudah tidak dipakai akan berubah fungsi menjadi sesuatu yang berguna.

Baiklah, bagi anda yang kebetulan sedang mencari referensi untuk membuat amplop lebaran, berikut ini tutorial cara mudah membuat amplop multifungsi dari kain flanel yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara Membuat Amplop Multifungsi

Untuk membuat amplop multifungsi ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Pensil
3. Kertas untuk pola
4. Gunting
5. Lem tembak

Step by step Membuat Amplop Multifungsi

Tutorial Amplop Lebaran Amplop Multifungsi dari Kain Flanel

1. Potong kain flanel untuk bodi amplop. Untuk ukuran amplop panjangnya 7 cm dan lebarnya 5 cm. Pilih kain flanel warna apa saja sesuai keinginan.

2. Langkah selanjutnya gulung kain flanel berbentuk persegi panjang tadi dengan bantuan pensil. Beri lem tembak pada bagian tepinya lalu rekatkan.

3. Lepaskan gulungan kain flanel tadi dari pensil. Setelah itu beri lem tembak pada bagian atas amplop yang berbentuk gulungan tadi lalu rekatkan sehingga bagian atas menutup. Buat juga tutup amplop dengan cara memotong kain flanel membentuk lingkaran kecil. Usahakan warna kain sama dengan warna amplop. Setelah itu beri lem pada setengah keliling amplop dan tempelkan tutup amplop pada amplop bagian atas. Amplop yang dibuat memiliki penutup sehingga uang tidak mudah jatuh.

Buat beberapa amplop dengan warna kain yang berbeda agar proses membuat amplop lebih cepat dan hasilnya lebih banyak.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat aneka karakter lucu misalnya mickey mouse, keroppi, bunga, dan lain-lain. Untuk membuat karakter alangkah baiknya membuat pola dasar dulu agar prosesnya lebih mudah selanjutnya terapkan pola pada kain flanel dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

5. Langkah selanjutnya tempelkan karakter yang diinginkan pada bodi amplop.

6. Aneka model amplop karakter lucu sudah jadi. Memasukkan uangnya yaitu dengan cara uangnya harus digulung agar uang bisa masuk dengan mudah dan keluarnya juga mudah.

7. Nah, setelah amplop sudah tidak digunakan atau uangnya sudah diambil oleh anak-anak maka amplop masih bisa dimanfaatkan. Caranya gunting amplop beberapa cm seperti pada gambar untuk disulap menjadi hiasan pensil.

8. Itulah penampakan amplop karakter yang fungsinya sudah berubah menjadi hiasan pensil.

Demikianlah ide kreatif dan Cara Mudah Membuat Amplop Multifungsi dari Kain Flanel. Selamat mencoba, selamat berbahagia bersama keluarga tercinta.

Baca juga:

Tidak ada komentar