Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Origami (Prakarya SD)

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Origami (Prakarya SD)

Pembelajaran sudah mulai aktif. Anak-anak mulai disibukkan dengan tugas masing-masing. Ada yang belajar kelompok di sore hari untuk mengerjakan PR. Ada juga yang berkelompok sepulang sekolah untuk mengerjakan tugas prakarya atau kerajinan. Banyak sekali anak SD yang memiliki jiwa kreatif. Mereka sudah pada pandai membuat kerajinan dengan cara mengikuti tutorial baik dari situs berbagi video seperti Youtube dan situs kerajinan seperti Kreasi Ceria.

Membuat kerajinan bagi anak-anak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika sesuatu yang dihasilkan itu bagus menurut standar mereka. Bagi anak perempuan umumnya suka membuat bunga. Bahan yang dipilih biasanya yang murah dan tentunya mudah didapat misalnya kertas origami. Ada banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari kertas origami. Tidak hanya kerajinan dari hasil teknik melipat saja. Nyatanya kertas origami juga bisa dikreasikan menjadi bunga mawar yang cantik. Pertanyaan yang sering terlintas di benak adalah bagaimana cara membuatnya ? Baiklah, berikut ini sharing cara membuat bunga mawar dari kertas origami yang cocok untuk dijadikan prakarya SD.

Bunga Mawar Kertas Origami Prakarya SD

Seperti itulah bunga mawar dari kertas origami yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk membuat kerajinan atau prakarya tingkat sekolah dasar. Tutorialnya ada di bawah ini.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Origami

Untuk membuat bunga mawar ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:
1. Kertas origami double face
2. Batang bambu
3. Lem Kertas
4. Gunting
5. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga Mawar

Tutorial Bunga Mawar Kertas Origami Prakarya SD 1

1. Itulah bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan. Untuk batang bambu bisa diganti dengan lidi.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai bunga dari potongan kertas origami warna hijau yang dililitkan pada batang bambu. Untuk bagian atas buat gulungan untuk putik bunga.

3. Langkah selanjutnya lipat kertas origami menjadi 4 bagian. Selanjutnya potong membentuk lingkaran. Setelah itu gunting lurus hingga pusat lingkaran. Dibutuhkan 4 lembar kertas origami untuk membuat setangkai bunga dengan jumlah mahkota bunga sebanyak 12 helai.

4. Langkah selanjutnya lipat kertas berbentuk lingkaran tadi sehingga membentuk kerucut. Pisahkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 2 helai untuk kuncup. Kelompok kedua terdiri dari 10 helai. Yang 10 helai lengkungkan dengan bantuan batang bambu.

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat kuncup bunga. Beri lem tembak pada mahkota bunga setelah itu tempelkan pada tangkai seperti pada gambar.

6. Beri lem tembak setelah itu tempelkan mahkota bunga yang satunya sehingga membentuk kuncup bunga.

Tutorial Bunga Mawar Kertas Origami Prakarya SD 2

7. Langkah selanjutnya tempelkan lagi mahkota-mahkota bunga yang lain dengan cara berselang-seling sehingga mahkota bunga saling berhadapan.

8. Beri lem tembak dan tempelkan mahkota bunga dengan cara ditempelkan dari bawah seperti pada gambar untuk mengatur letak mahkota bunga.

9. Setelah semua mahkota bunga menempel selanjutnya atur kemekaran bunga sehingga bunga mawar tampak merekah.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak bunga dan daun seperti pada gambar. Untuk kelopak bunga lubangi tengahnya dan daun dibuat bergerigi.

11. Langkah selanjutnya pasangkan kelopak bunga dengan cara memasukkan tangkai bunga lalu beri lem tembak dan rekatkan pada bunga agar bawah bunga tertutupi. Pasangkan juga daunnya dengan cara dilem tembak dan lengkungkan sedikit daunnya. Selesai.

12. Buat beberapa kuntum bunga dengan kertas origami warna lain agar indah ketika dijadikan hiasan.

Demikianlah Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Origami (Prakarya SD). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar