Ide Kreatif Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas

Ide Kreatif Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas

Masih dalam rangka membuat kerajinan dari barang bekas. Kali ini penulis ingin berbagi ide kreatif tempat pensil lucu imut dari barang bekas. Tempat pensil ini berbentuk adik bayi yang lucu imut sedang merangkul kaleng. Selain bisa dijadikan tempat untuk menaruh pensil dan lain-lain, tempat pensil ini juga bisa digunakan untuk pajangan di ruang tamu.

Pensil Sendiri Lucu Imut

Seperti yang kita tahu, tempat pensil banyak sekali dijual di pasaran. Bentuknya pun sangat beragam dan lucu-lucu baik yang berbahan dasar seng, plastik, hingga dari barang bekas yang sulap menjadi kreasi unik dan menarik sehingga memiliki nilai jual.

Sebenarnya untuk bisa memiliki tempat pensil lucu dan unik itu sangat mudah, sehingga kita tidak harus membelinya. Kita bisa membuat tempat pensil dari bahan yang sudah tidak digunakan lagi alias barang bekas seperti yang sudah saya buat ini. Tempat pensil seperti gambar di bawah ini dibuat dari kaleng bekas. Bisa kaleng permen maupun kaleng-kaleng produk lainnya.

Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas

Bagaimana? Lucu kan? Selain bisa mengurangi jumlah sampah, membuat tempat pensil seperti ini juga bisa menghemat biaya karena sama sekali tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil ini sering kita jumpai di rumah kita yaitu kaleng bekas dan kain flanel yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kerajinan.

Membuat tempat pensil unik dan lucu dari kaleng bekas mungkin bisa anda jadikan referensi. Saat ini barang bekas sering digunakan oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bahan prakarya. Membuat kerajinan dari barang bekas ditujukan untuk pembelajaran agar anak mengetahui manfaat barang bekas atau sampah dan bagaimana mengelolanya menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Bagi anda yang berminat mendaur ulang sampah menjadi tempat pensil, berikut ini saya bagikan tutorial cara membuat tempat pensil lucu imut dari kaleng bekas dan kain flanel.

Cara Membuat Tempat Pensil Lucu Imut

Berikut adalah alat dan bahan untuk membuat tempat pensil dari botol bekas:
1.Kaleng apa saja
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Kertas untuk pola
5. Jarum dan Benang
6. Gunting
7. Lem tembak
8. Renda zig-zag

Langkah-langkah Membuat Tempat Pensil Lucu Imut

Tutorial Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas


1. Pertama-tama yaitu kita harus membuat pola boneka terlebih dahulu pada kertas hvs. Untuk ukurannya disesuaikan dengan besar kecilnya kaleng.

2. Setelah itu potong pola boneka menjadi beberapa bagian seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya terapkan pola dasar boneka pada kain flanel. Dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat sepasang tangan boneka. Caranya yaitu dijahit dengan teknik tusuk feston lalu diisi dengan dakron.

5. Setelah sepasang tangan boneka sudah jadi selanjutnya tempelkan pada bagian badan boneka. Beri lem tembak lalu jahit semua sisi kain dengan teknik tusuk feston. Sisakan bagian atas untuk lubang masuknya dakron.

6. Langkah selanjutnya masukkan dakron. Isi sampai bagian kedua kaki boneka saja. Untuk bagian badan biarkan tidak usah diisi dakron.

Tutorial Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas 2


7. Langkah selanjutnya yaitu membuat kepala boneka. Setelah itu pasang kepala boneka tadi pada bagian badan boneka dan jahit dengan teknik tusuk feston. Masukkan dakron lalu lanjutkan menjahit lagi dan simpulkan benangnya. Pasang sepasang mata dan tempelkan juga bibir bonekanya. Dan boneka sudah jadi.

8. Langkah selanjutnya bungkus kaleng yang sudah disiapkan tadi dengan kain flanel. Lipat bagian atasnya ke dalam demikian juga bagian bawahnya. untuk bagian bawahnya tutup dengan alas lingkaran.

9. Untuk mempercantik tempat pensil, pasangkan renda zig-zag atau bisa menggunakan pita lainnya. Setelah itu beri lem tembak agak banyak di bagian belakang lalu tempelkan boneka yang sudah jadi tadi.

10. Langkah terakhir tambahkan hiasan bunga jika diperlukan. Dan tempat pensil lucu imut sudah jadi.

Demikianlah Ide Kreatif Tempat Pensil Lucu Imut dari Barang Bekas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar