Cara Membuat Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Masih dalam rangka membuat kerajinan tangan atau prakarya. Biasanya tugas prakarya sering kali melibatkan barang bekas misalnya botol plastik atau kaleng bekas. Kebetulan sekali saya memiliki kaleng rombeng yang sudah agak karatan. Mungkin pembaca juga memiliki banyak kaleng bekas yang tersimpan di gudang. Ketika putra-putri anda membutuhkannya untuk tugas prakarya, maka barang bekas tersebut akhirnya menjadi benda yang lebih berguna. Dan membuat tempat alat tulis mungkin bisa menjadi pilihan. Karena cara membuat prakarya tempat alat tulis dari kaleng bekas bisa anda simak tutorialnya di blog sederhana ini.

Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Bagaimana? Lucu kan? Tempat alat tulis bentuk lebah. Selain untuk tugas prakarya, tempat alat tulis yang sudah dibuat ini nantinya juga bisa digunakan sendiri. Untuk bisa memiliki tempat alat tulis yang menarik tidak harus membeli dengan harga yang mahal.

Cara Membuat Prakarya Tempat Alat Tulis

Untuk membuat prakarya tempat pensil ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kaleng bekas
2. kertas buffalo
4. Kertas origami motif
5. Lem fox
6. Lem kertas
6. Gunting

Langkah-langkah Membuat Prakarya Tempat Alat Tulis


Tutorial Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas


1. Tempat alat tulis berbentuk lebah. Maka kita pilih kertas buffalo warna kuning., hitam, dan merah. Atau jika ingin mencoba warna lain juga bisa.

2. Langkah selanjutnya bungkus permukaan kaleng dengan kertas buffalo. Pada bagian atas lipat ke dalam lalu beri lem fox dan rekatkan. Demikian juga pada bagian bawahnya juga dilipat sedikit ke dalan lalu diberi lem fox dan tempelkan.

3. Gunting kertas buffalo warna hitam sebanyak 3 buah. Ukurannya kira-kira lebar 2 cm dan panjangnya sesuai lingkar kaleng. Setelah itu tempelkan ketiga kertas tadi pada kaleng.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat kepala lebah. potong kertas buffalo warna kuning membentuk lingkaran. Potong sebanyak dua.

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat sepasang sungut lebah. Gunakan kertas buffalo warna hitam dan merah lalu tempelkan.

6. Hasil pengerjaan sepasang sungut lebah tampak seperti pada gambar.


Tutorial Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas 2


7. Langkah selanjutnya tempelkan sepasang sungut lebah tadi pada bagian yang berbentuk lingkaran tadi lalu tutup dengan lingkaran yang satunya.

8. Pasangkan kedua mata lebah dan mulut lebah yang juga dibuat dari kertas buffalo.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat alas tempat alat tulis. Untuk memudahkan caranya digambar dulu dengan meletakkan kaleng agar tahu ukurannya. Setelah itu digunting seperti pada gambar.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat sayap lebah. Buat gambar pada kertas buffalo menyerupai bentuk sayap lalu kertas digunting. Setelah itu oleskan lem kertas lalu tempelkan kedua kertas origami motif pada sayap kanan dan kiri.

11. Dan itulah bagian-bagian lebah yang siap ditempelkan agar terbentuk tempat alat tulis seperti yang diinginkan.

12. Setelah kepala, sayap, dan alas ditempelkan pada badan atau kaleng maka hasilnya tampak seperti pada gambar yaitu tempat alat tulis bentuk lebah yang siap digunakan.

Demikianlah Cara Membuat Prakarya Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya bersama buah hati anda.

Baca juga:

Tidak ada komentar