Cara Mudah Membuat Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel

Halo pembaca sekalian...terutama adik-adik nih. Apakah kalian sedang ada tugas kerajinan atau prakarya dari guru SBK? Bingung ingin membuat apa? Biasanya anak perempuan suka membuat bunga. Kalau memang ingin membuat bunga, kalian juga pasti berpikir bunga seperti apa yang bagus dan mudah dibuat dari bahan yang murah dan mudah didapat. Jika memang demikian, saya merekomendasikan untuk membuat bunga cantik dari kain flanel saja. Cara mudah membuat prakarya bunga cantik dari kain flanel tutorialnya bisa kalian simak hanya di blog ini.

Selain untuk tugas prakarya, bunga cantik yang sudah dibuat ini nantinya juga bisa digunakan sendiri untuk menghias ruangan. Intinya tidak perlu mahal untuk mempercantik ruangan. Gunakan saja kain flanel sebagai bahan utama. Jadikan kegiatan membuat bunga cantik ini sebagai aktivitas yang menyenangkan sembari untuk mengasah kreativitas kalian. Dan seperti inilah hasilnya nanti jika kalian mengikuti tutorial yang saya bagikan.

Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel

Bagaimana? cantik kan bunganya. Sederhana tapi elegan. Cocok dijadikan prakarya sekolah untuk diserahkan guru agar dinilai. Jika membuat prakarya bunga seperti ini, saya jamin nilai kalian tidak akan mengecewakan. Bisa jadi prakarya kalian malah dibawa pulang sama Bu Guru hehehe.

Cara Membuat Prakarya Bunga Cantik

Untuk membuat prakarya bunga cantik ini, kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain falnel
2. Kertas untuk pola
3. Kawat
4. Kertas koran
5. Solasi hijau
6. Gunting
7. Lem tembak
8. Mutiara imitasi

Langkah-langkah membuat prakarya bunga cantik

Tutorial Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel

1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat prakarya bunga cantik. Warna kain flanel bisa disesuaikan dengan selera.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola mahkota bunga. Ada dua ukuran yaitu besar dan agak kecil.

3. Setelah pola mahkota bunga selesai dibuat selanjutnya terapkan pada kain flanel. Buat sebanyak 5 helai mahkota bunga ukuran besar dan 5 helai mahkota bunga ukuran kecil.

4. Langkah selanjutnya tumpuk sebagian saja sisi dari kelima mahkota bunga lalu sematkan jarum pentul seperti pada gambar.

5. Langkah selanjutnya jahit menggunakan teknik tusuk jelujur lalu tarik benangnya dan atur dengan posisi menindih antara sisi mahkota bunga satu dengan yang lainnya lalu simpulkan benangnya.

6. Lakukan hal yang sama untuk membuat rangkaian mahkota bunga yang satunya sehingga didapat dua rangkaian mahkota bunga dengan ukuran yang berbeda.

Tutorial Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel 2

7. Langkah selanjutnya ambil kawat yang sudah disiapkan. Masukkan mutiara imitasi kemudian tekuk kawat tadi dan jadilah tangkai bunga.

8. Masukkan pada tangkai kawat bunga yang pertama yaitu yang paling besar kemudian bunga yang kedua atau yang lebih kecil. Beri lem tembak pada bunga lalu rekatkan.

9. Langkah selanjutnya bungkus tangkai bunga dengan cara melilitkan potongan kertas koran.

10. Langkah selanjutnya bungkus tangkai bunga dengan solasi hijau agar tangkai bunga tampak alami.

11. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak bunga. Potong kain flanel menyerupai bentuk kelopak bunga. Lubangi tengahnya lalu masukkan tangkai bunga tadi. Beri lem tembak pada kelopak bunga lalu rekatkan dengan bunganya.

12. Langkah terakhir yaitu membuat daun berukuran lebar. Buat juga tulang daun dari kawat yang dililit solasi hijau. Beri lem tembak dan letakkan tulang daun di tengah-tengah daun. Selesai.

Buatlah bunga beberapa tangkai berikut daunnya agar prakarya bunga tampak indah ketika dirangkai dalam vas bunga.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Prakarya Bunga Cantik dari Kain Flanel, Semoga bermanfaat. Selamat mengerjakan tugas prakarya.

Baca juga:

Tidak ada komentar