Cara Mudah Membuat Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel

Masih dalam rangka membuat hiasan gantung atau hanging ornaments. Ada banyak sekali jenis hiasan gantung salah satunya hanging cloud atau awan gantung. Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman membuat hanging cloud cantik. Anda bisa menyimak cara mudah membuat hanging cloud cantik dari kain flanel dan hasil pengerjaan seperti di bawah ini.

Hiasan Gantung Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel

Hanging cloud atau hiasan gantung beberapa waktu lalu sempat populer dan sampai saat ini masih banyak diminati. Bentuknya memang menarik sehingga sangat cocok untuk menghias ruangan. Hiasan hanging cloud dari kain flanel seperti ini biasanya digantung di pintu kamar atau ditempelkan pada dinding kamar anak. Yang menarik dari hanging cloud ini adalah ada nama dan rumah-rumahan juga burung-burung yang sedang terbang.

Dinding polos tanpa hiasan tentu membosankan. Oleh karena itu diperlukan hiasan yang bisa membuat suasana menjadi lebih ramai. Untuk menghias kamar anak, anda bisa memilih hiasan gantung dari kain flanel. Anda juga bisa membuat sendiri hiasan gantung yang menarik tapi mudah. Jadi anda tidak harus membeli atau memesan hiasan gantung pada para pengrajin karena cara membuatnya memang mudah yang penting anda bisa menjahit tingkat dasar dan proses menjahitnya cukup dengan cara manual menggunakan tangan.

Cara Membuat Hanging Cloud Cantik

Nah, jika anda juga ingin membuatnya, dibawah ini adalah cara membuat hanging cloud cantik. Namun sebelum kita melangkah pada proses pembuatan, alangkah baiknya kita persiapkan dulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat hanging cloud ini kita perlu menyiapkan.
1. Kertas dan pensil untuk menggambar pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Renda zig zag
5. Ring
6. Lem tembak
7. Jarum dan benang
8. Gunting

Berikut ini adalah gambar dan keterangan cara membuat hanging cloud cantik.

Tutorial Hiasan Gantung Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel

1. Itulah bahan utama yang harus disiapkan. Untuk warna kain flanel bisa disesuaikan dengan selera, Pita zig-zag juga bisa diganti dengan tali kur. Untuk ring bisa diganti ring gantungan kunci.

2. Langkah selanjutnya gambarlah pada kertas pola bentuk awan, bentuk matahari, dan bentuk rumah. Setelah digambar, gunting pola gambar.

3. Setelah itu terapkan pola dasar tadi pada kain flanel sehingga menjadi bagian-bagian yang dimaksud.

4. Siapkan renda zig-zag berukuran 1 meter. Kemudian potong menjadi dua. Yang satu berukuran 25 cm dan yang satunya lagi berukuran 75 cm.

5. Selanjutnya jahit bagian awan dengan teknik tusuk feston. Pasangkan juga renda zig-zag berukuran 25 cm di tengah-tengah. Sebelum selesai masukkan dakron dan ratakan dengan bantuan sumpit agar awan menjadi lebih berbentuk. Setelah itu lanjutkan proses menjahit hingga selesai.

6. Lakukan hal yang sama untuk membuat bagian rumah. Jangan lupa pasangkan renda zig-zag berukuran 75 cm dan masukkan dakron.

Tutorial Hiasan Gantung Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel 2

7. Pasangkan ring dengan cara masukkan renda zig-zag. Selanjutnya pasangkan lagi rumah-rumahan sehingga satu renda untuk dua rumah-rumahan.

8. Langkah selanjutnya pasangkan rumah-rumahan pada renda zig-zag yang terhubung dengan awan. Dan itulah hasil total pemasangan rumah-rumahan.

9. Langkah selanjutnya membuat matahari. Jahit melingkar pada potongan lingkaran selanjutnya masukkan dakron. Siapkan juga pernak-pernik sebagai pelengkap hiasan.

10. Pasang pernak-pernik tadi dan tempelkan matahari pada balik awan dan hasilnya tampak seperti pada gambar.

11. Langkah selanjutnya tempelkan potongan kain flanel menyerupai burung pada renda zig zag.

12. Langkah selanjutnya yaitu membuat pita nama dari kain flanel. Jahit dengan tusuk feston dan masukkan dakron. Setelah itu buat huruf sesuai dengan nama yang diinginkan lalu tempelkan pada pita. Agar renda zig-zag tidak bergeser, tempelkan pita nama tadi tepat di bawah ring. Selesai.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Hanging Cloud Cantik dari Kain Flanel. Terima kasih telah membaca artikel ini. Kepada anda yang ingin belajar membuat kerajinan tangan, kami akan selalu berusaha memberikan ide dan panduan.

Baca juga:

Tidak ada komentar