7 Inspirasi Bisnis dari Sampah Untung Melimpah

7 Inspirasi Bisnis dari Sampah Untung Melimpah

Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk membuka usaha. Salah satunya dengan mengolah limbah atau barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai jual yang  tinggi. Limbah atau barang bekas ini banyak dipilih karena sebagai bentuk upaya untuk melestarikan lingkungan dan juga menghemat biaya pengeluaran.

Beberapa Inspirasi Bisnis dari Sampah Untung Melimpah

Nah jika Anda merupakan salah satu orang yang berniat untuk membuka bisnis dari sampah, berikut akan disajikan 7 inspirasi bisnis dari sampah, untung melimpah yang bisa anda jadikan referensi.

1. Sampah kaca

Apabila di rumah atau desa Anda banyak limbah kaca, maka bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis baru. Limbah kaca merupakan limbah yang susah diolah, kadang para tukang rosok menolak untuk membeli jenis limbah satu ini. Alasannya ya sama, karena susah didaur ulang dan berpeluang melukai.

Sebenarnya Anda bisa memanfaatkan limbah kaca ini untuk membuat hiasan mozaik kaca. Jadi serpihan kaca nanti ditata sedemikian rupa sehingga membentuk susunan mozaik yang menarik. Hiasan yang berhasil dibentuk dari limbah kaca antara lain bingkai cermin, vas bunga, kotak tisu, dan masih banyak lainnya. Semuanya bernilai jual tinggi lho, mau coba?

2. Limbah ban bekas

Limbah ban bekas yang biasanya hanya digunakan sebagai tali ternyata juga bisa dibuat miniatur alutsista. (Alat utama sistem pertahanan). Ide kreatif pembuatan miniatur alutsista ini dipelopori oleh seorang wirausahawan asal Semarang bernama Muhammad Santoso. Ia sukses mengubah ban bekas menjadi miniatur pesawat capung hingga robot Transformer. Modal bisnis ini sangat sederhana yaitu cukup menggunakan ban, lem, dan tentu saja kreativitas yang tinggi dan ketelitian tingkat untuk menghasilkan miniatur dengan harga jutaan. Bagaimana? Anda berniat membuat juga?

3. Limbah kayu

Inspirasi bisnis dari sampah untung melimpah selanjutnya yaitu bisnis limbah kayu. Semisal Anda memiliki potongan kayu atau limbah kayu lain yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya menjadi suatu bentuk karya baru yang bernilai jutaan. Kayu-kayu tersebut bisa disusun sedemikian rupa hingga membentuk perkakas dan pajangan yang unik. Perlu kreativitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan produk yang bernilai jutaan ini.

4. Limbah kulit kerang

Anda pasti sering menemukan aksesoris atau pajangan dari kulit kerang. Nah Anda juga bisa membuka bisnis yang demikian jika Anda tinggal di dekat pantai. Agar harganya lebih tinggi, Anda bisa mengkombinasikan kerang dengan bahan-bahan mewah seperti lampu hias kerang, cermin bingkai kerang, dan pajangan dinding lainnya.

5. Limbah bungkus produk

Anda pasti sekarang sering menemukan tas atau penutup meja dari bungkus suatu produk, bukan? Sampah bungkus makanan, minuman, detergen, pewangi, dan lain sebagainya akan bernilai jual jika dibuat menjadi barang yang berguna.

6. Limbah serbuk kayu

Bagi yang memiliki bisnis gergaji kayu atau tinggal di dekatnya, Anda bisa memanfaatkan limbah ini untuk membuat kerajinan tangan. Saat ini banyak sekali produk yang terbuat dari limbah serbuk kayu misalnya tempat pensil, bingkai foto dan barang suvenir lainnya. Ada juga lukisan berbahan serbuk kayu grajen dan terlihat seperti warna asli dari serbuk kayu grajen. Lukisan ini termasuk karya yang patut diacungkan jempol. Dan Ini termasuk lukisan tiga dimensi yang unik dan memiliki harga jual yang tinggi.

7. Limbah kain perca

Kain perca adalah sesuatu yang sering dianggap remeh padahal memiliki potensi bisnis yang besar. Kain perca ini bisa diolah menjadi berbagai kerajinan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya tas, dompet, celana, taplak meja, keset dan lain sebagainya yang dibutuhkan semua lapisan masyarakat dengan berbagai latar belakang ekonomi. Selain itu, bisnis ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat dengan menyediakan produk dengan harga yang terjangkau.

Itulah 7 inspirasi bisnis dari sampah untung melimpah. Semoga bisa menginspirasi Anda yang ingin membuka usaha. Dengan sumber daya yang Anda miliki, Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif terjangkau dan bahan baku yang mudah dicari. Namun bukan berarti bisnis ini tanpa tantangan. Anda perlu memikirkan bagaimana cara memasarkan produk Anda ke berbagai lapisan masyarakat dan terus berinovasi agar menghasilkan kerajinan yang bisa menembus pasar global.

Baca juga:

Tidak ada komentar