Membuat Playdough (Plastisin Mainan) Berkualitas dan Aman buat Si Kecil

Membuat Playdough (Plastisin Mainan) Berkualitas dan Aman buat Si Kecil

Membuat playdough (plastisin mainan) yang aman buat si kecil akan kita bahas di bagian berikut ini. Sebelumnya apakah Anda sering bermain plastisin mainan pada waktu kecil? Rupanya mainan zaman old ini juga masih ada sampai sekarang. Bahkan permainan dari plastisin tersebut sering diajarkan di lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar. Biasanya anak-anak sekolah akan disuruh membuat plastisin mainan.
Cara Membuat Playdough (Plastisin Mainan) Berkualitas dan Aman buat Si Kecil
Playdough sendiri termasuk nama mainan yang memang aman jika dimainkan oleh anak kecil. Maka Anda tak usah khawatir jika si kecil suka memainkan plastisin, karena justru akan memberikan manfaat tersendiri bagi dirinya. Salah satunya adalah dapat melatih keterampilan motorik halus dalam pikiran dan otaknya. Berikut cara membuat playdough (plastisin mainan) yang aman buat si kecil sendiri di rumah.

Apa Arti Playdough? 

Playdough atau play-doh memiliki arti bermain adonan. Namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai mainan plastisin atau mainan lilin. Dahulunya mainan ini terbuat dari tanah liat, tetapi sekarang dari plastisin. Biasanya adonan plastisin ini dapat dibentuk dengan berbagai macam menyesuaikan imajinasi anak kecil, seperti binatang, kue, mobilan, rumah, dan lainnya.
Sejarah Playdough

Berdasarkan sejarah bahwa, playdough pertama kali diproduksi tahun 1930 di Cincinnati, Ohio Amerika Serikat. Adapun penemu playdough tersebut adalah Noah McVicker yang pada awalnya digunakan sebagai pembersih wallpaper. Kemudian pada tahun 1950-an, playdough dilakukan produksi kembali dan mulai dipasarkan melalui sekolah-sekolah di Cincinnati.

Cara Membuat Plastisin Mainan Buat Si Kecil 

Apakah Anda tertarik untuk membuat plastisin mainan? Rupanya jenis playdough ini dibuat dengan bahan tepung terigu dan bukan dari tanah liat, karena bersifat aman untuk anak kecil. Agar Anda lebih jelas, simak cara membuat playdough (plastisin mainan) yang aman buat si kecil di bawah ini.

Bahan
Adapun perbandingan dari bahan-bahan dalam proses pembuatan playdough adalah seperti berikut:
2 gelas tepung terigu
1 gelas air
1 gelas garam dapur halus
2 sendok makan minyak goreng
Beberapa pewarna makanan

Cara Membuat Playdough

1. Campurkan terigu dan garam dapur ke dalam wadah atau baskom sewajarnya. Aduk dengan tangan atau menggunakan centong plastik hingga tercampur.
2. Tambahkan air ke dalam campuran tersebut sambil diaduk terus hingga adonan menjadi lembut. Pastikan telah memiliki tekstur halus dan tidak lengket.
3. Berikan minyak goreng, kemudian adonan diaduk kembali sampai mendapatkan adonan yang lembut.
4. Bagi adonan menjadi empat bagian/sesuai jumlah warna yang diinginkan.
5. Ambil satu bagian dan berikan beberapa tetes pewarna, lalu aduk lagi hingga warna merata. Lakukan hal yang sama pada ketiga bagian lainnya dengan pewarna yang berbeda.
6. Setelah itu, playdough sudah siap digunakan untuk membuat berbagai kreasi.
7. Simpan playdough di dalam container kedap udara agar tidak kering.

Itu dia ulasan sedikit tentang sejarah playdough dan cara membuat playdough (plastisin mainan) yang aman buat si kecil. Pastinya dengan bermain playdough, si kecil akan bisa menyalurkan kreativitas untuk membuat kreasi ke dalam tiga dimensi.

Baca juga:

Tidak ada komentar