Jenis-jenis Bahan Tas yang Banyak Digunakan

Jenis-jenis Bahan Tas yang Banyak Digunakan

Jenis-jenis bahan tas yang banyak digunakan memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga kita harus lebih jeli dalam memilihnya. Bagi pemula atau orang awam, mungkin sulit untuk membedakan setiap jenis bahan tas. Oleh karena itu, kita dapat memahaminya terlebih dahulu melalui ulasan berikut ini. Yuk disimak !

Kualitas Bahan Menentukan Kualitas Tas

Setiap jenis bahan tas memiliki sifat yang berbeda-beda. Beberapa mungkin lebih kaku, namun beberapa lebih lentur. Serat kainnya pun berbeda-beda sehingga banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuat ataupun memilih bahan untuk pembuatan tas. Semakin berkualitas bahan yang digunakan maka semakin tinggi pula kualitas dan harga dari tas tersebut.

Ini Dia 5 Jenis Bahan Tas

Inilah Jenis-jenis Bahan Tas yang Banyak Digunakan

Banyak bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan tas, namun berikut ini adalah jenis-jenis bahan tas yang banyak digunakan oleh para produsen tas, baik handmade ataupun pabrik.

1. Kulit/ leather

Penggunaan leather sebagai bahan baku tas biasanya akan membuat tas tampak lebih kaku. Namun, teknologi yang makin canggih dapat membuat tas dari kulit terasa lebih ringan. Bukan saja kulit hewan asli, banyak juga kulit sintetis yang sering kita jumpai dalam pembuatan tas karena harganya yang jauh lebih murah dibanding tas dari kulit asli.

2. Polyester

Sebagian besar tas terbuat dari bahan yang tidak asing ini, mulai dari tas laptop, tas ransel dan berbagai jenis tas jinjing lain. Sifatnya yang tebal menjadi salah satu alasan mengapa bahan ini sering digunakan. Bahkan, polyester lebih tahan terhadap bakteri, tidak mudah melar dan tidak mudah kusut.

3. Kanvas

Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan tas gunung dan daypack. Tekstur kuat dan tebal ini disebabkan karena campuran bahan dari polyester dan katun sehingga anti air dan mudah kering. Meskipun tas dari bahan kanvas lebih identik dengan pria, tapi banyak juga produk tas kanvas yang diperuntukkan bagi para wanita.

4. Satin

Ciri khas yang dimiliki kain ini adalah kesan mengkilap dari permukaannya. Dengan karakter tipis dan shiny membuat kain ini dapat dibentuk menjadi berbagai model tas. Beberapa produk tas, menggunakan bahan ini sebagai lapisan bagian dalam yang mewah.

5. Denim

Biasanya, bahan denim sering digunakan dalam pembuatan celana ataupun jaket. Sekarang ini, banyak tas yang dibuat dari bahan denim, mulai dari sling bag, satchel bag hingga backpack. Penggunaan bahan ini membuat tas sangat cocok untuk gaya kasual dan modern. Tekstur bahannya pun terlihat kokoh sehingga tas tidak mudah rusak.

Demikianlah artikel yang mengulas tentang jenis-jenis bahan tas yang banyak digunakan oleh para produsen tas yang harus kita ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam memilih atau membuat tas.

Baca juga:

Tidak ada komentar