-->
Membuat Baju dengan Pola Menjiplak Baju Jadi

Membuat Baju dengan Pola Menjiplak Baju Jadi

Membuat baju sendiri ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda juga bisa membuat baju sendiri seperti yang penulis lakukan. Tidak harus mengikuti kursus agar memiliki keahlian khusus jika hanya ingin membuat baju model simpel. 

Menjiplak Pola Baju

Untuk membuat baju sendiri, pertama-tama kita perlu menentukan model dan desain baju yang ingin kita buat. Selanjutnya, kita perlu mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti kain, jarum dan benang sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Sebelum membuat baju, kita harus menentukan pola terlebih dahulu. Membuat pola baju tidaklah sulit. Anda bisa menjiplak pola dengan menggunakan baju jadi sebagai acuan. Maksud baju jadi di sini adalah baju yang sudah ada. Pastikan baju yang akan dijipak ukurannya sesuai dengan tubuh Anda. 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, membuat pola baju menggunakan pola hasil menjiplak baju yang sudah jadi jauh lebih mudah dibandingkan membuat pola yang memakai ukuran seperti yang diajarkan di kursus jahit dan yang digunakan penjahit pada umumnya.

Banyak baju yang sudah saya buat sendiri dan pengalaman tersebut ingin saya bagikan untuk Anda yang juga ingin membuat baju sendiri dengan pola hasil menjiplak baju yang sudah jadi. Berikut ini tutorialnya.

Bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat baju :
Baju jadi yang ukurannya sesuai 
Kain yang akan dibuat baju.
Karton/koran bekas.
Gunting.
Pensil
Kapur kain.
Jarum dan benang jahit.
Jarum pentul 
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Bentangkan baju lalu lipat menjadi dua bagian sama panjang sehingga lengan kanan bertemu lengan kiri. Gunakan bagian belakang, karena ukuran belakang lebih lebar sedikit dari bagian depan. 

Jika perlu, ubah desain pola baju sesuai dengan keinginan Anda, misalnya dengan menambahkan aksen atau memperbesar atau memperkecil ukuran pola.

2. Jiplak menggunakan karton/koran bekas. Gunakan pensil untuk menggambar pola. Ikuti bentuk baju termasuk kerung leher dan kerung lengan sehingga terbentuklah gambar pola.

3. Setelah itu potong karton/koran bekas sesuai dengan gambar yang sudah dibuat tadi. Pola baju atasan sudah jadi. 

Kita cukup membuat satu pola saja yaitu bagian belakang karena untuk bagian depan sebenarnya sama hanya ukurannya saja yang dikurangi sedikit. Untuk memudahkan membuat baju, Anda bisa membuat pola depannya juga.

4. Setelah pola baju selesai dibuat jangan lupa buat juga pola lengan dengan cara yang sama. Sesuaikan kerung engannya dengan kerung lengan pola baju.

5. Setelah semua pola sudah jadi, siapkan kain yang akan dibuat baju. Bentangkan kain lalu jiplak pada kain yang akan dibuat baju. Lebihkan ukuran 1 cm dari pada pola untuk kampuh (jarak jahitan dari tepi potongan kain).

6. Jika semua potongan kain menurut pola sudah siap, langkah selanjutnya yaitu proses menjahit dengan menyambung satu persatu. Gunakan mesin jahit atau jika tidak memilikimesin jahit, Anda bisa menjahitnya secara manual dengan tangan.

Cobalah baju yang sudah Anda buat untuk memastikan bahwa ukurannya sesuai dan baju tersebut nyaman dipakai. Lakukan perbaikan jika diperlukan. Selamat mencoba.

Baca juga:

This Is The Newest Post

Tidak ada komentar