Cara Mudah Membuat Bunga Morning Glory dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Bunga Morning Glory dari Kain Flanel

Bunga morning glory memiliki nama latin Ipomoea dan memiliki beberapa jenis, yaitu Mexican Morning Glory atau Common Morning Glory (Ipomoea purpurea dan Ipomoea tricolor), Moonflower (Ipomoea Alba), dan Japanese Morning Glory (Ipomoea nil).

Sekilas bunga Morning Glory mirip dengan bunga pada tanaman kangkung. Hal ini dikarenakan tanaman kangkung (Ipomoea aquatica) masih termasuk dalam keluarga Morning Glory. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, Morning Glory biasa digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional China.

Ketika pagi tiba dan saat matahari mulai bersinar, bunga morning glory mulai mekar. Pesonanya sangat memikat sehingga sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk pekarangan rumah. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memiliki tanaman bunga morning glory apalagi bunga jenis ini mudah layu.

Karena itulah, pada kesempatan kali ini Kreasi Ceria ingin berbagi tutorial yaitu Cara Mudah Membuat Bunga Morning Glory dari Kain Flanel. Dengan membuat bunga morning glory palsu maka kita bisa memiliki bunga indah tahan lama meskipun tanpa perawatan khusus.

Bunga Morning Glory dari Kain Flanel

Cara Membuat Bunga Morning Glory

Untuk membuat bunga morning glory ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Solasi hijau
4. Putik imitasi
5. Jarum dan benang
6. Gunting
7. Lem tembak

Langkah-langkah membuat bunga morning glory
Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkah membuat bunga morning glory dari kain flanel.

Tutorial Bunga Morning Glory dari Kain Flanel 1

1. Siapkan kawat sepanjang kitaain flanel warna hijau untuk membentuk kelopak bunga. Selanjutnya buat kelopak bunga seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya masukkan kawat pada dua kelopak bunga yang sudah dilubangi tengahnya.

3. Selanjutnya siapkan beberapa putik imitasi dan potongan kain flanel dengan ukuran kecil.

4. Untuk merangkai putik bunga caranya dengan mengaitkan kain flanel pada putik imitasi. Oleskan lem tembak pada kain flanel dan rekatkan.

5. Pasangkan putik bunga yang sudah dibuat pada kawat yang sudah ada kelopak bunganya.

6. Langkah selanjutnya siapkan potongan kain flanel berukuran 6 cm x 9 cm sebanyak dua buah untuk membuat bunga.

Tutorial Bunga Morning Glory dari Kain Flanel 2

7. Proses membuat bunga caranya lipat kain flanel tadi menjadi dua lalu dijahit lurus. Jahit juga bagian bawah dengan teknik tusuk jelujur.

8. Setelah proses menjahit selesai lalu balikkan sehingga membentuk seperti kantong. Ada dua bunga yang diperlukan untuk satu tangkai.

9. Langkah selanjutnya masukkan tangkai kawat pada kantong tadi lalu tarik benangnya dan simpulkan. Lakukan hal yang sama untuk bunga yang satunya.

10. Itulah penampakan bunga setelah proses pengerjaan.

11. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Potong kain flanel warna hijau membentuk hati. Buatlah sebanyak dua buah daun.

12. Langkah terakhir tempelkan kedua daun pada tangkai. Buatlah beberapa tangkai bunga untuk  menjadikannya sebagai hiasan yang indah.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Bunga Morning Glory dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat. Happy crafting :)

Baca juga:

This Is The Newest Post

Tidak ada komentar