Ide Kreatif Membuat Tempat Alat Tulis dari Stik Es Krim

Ide Kreatif Membuat Tempat Alat Tulis dari Stik Es Krim

Ingin berkarya dengan membuat kerajinan yang mudah dibuat untuk sekedar mengisi waktu luang? Atau memang anda sedang membutuhkan sesuatu misalnya tempat alat tulis buatan sendiri. Kebetulan ada banyak persediaan stik es krim di rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan namun belum tahu bagaimana cara membuatnya. Baiklah, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan ide kreatif membuat tempat alat tulis dari stik es krim. Cara membuatnya sangatlah mudah sehingga cocok diterapkan oleh siapa saja bahkan anak-anak juga bisa mengikuti tutorialnya.

Tempat Alat Tulis dari Stik Es Krim

Umumnya membuat kerajinan dari bahan stik es krim ini dipraktikkan di sekolah-sekolah. Khusus untuk anak-anak sudah semestinya memberikan contoh kerajinan yang mudah diikuti tutorialnya mengingat daya kreativitas anak tidaklah sama dengan orang dewasa. Dan tempat alat tulis dari stik es krim seperti yang sudah Kreasi Ceria buat ini mungkin bisa dijadikan referensi. Selain untuk tugas prakarya, tempat alat tulis dari stik es krim juga bisa dijadikan sebagai barang koleksi untuk dipakai sendiri atau untuk diberikan kepada teman, sahabat, dan handai taulan sebagai hadiah.

Tempat Alat Tulis Unik dari Stik Es Krim

Tempat alat tulis yang sederhana namun elegan siap menghias meja belajar atau meja kantor anda. Kehadirannya akan membuat hari-hari anda menjadi lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas. Bandingkan dengan meja yang hanya ada tumpukan buku saja dan alat tulis yang diletakkan begitu saja. Dengan adanya tempat alat tulis yang cantik maka meja belajar atau meja kerja akan tampak lebih indah.

Cara Membuat Tempat Alat Tulis

Untuk membuat tempat alat tulis sederhana ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kertas karton
2. Stik es krim
3. Pita
4. Kain flanel
5. Gunting
6. Lem tembak

Tutorial Tempat Alat Tulis Unik dari Stik Es Krim

1. Potong kertas karton dengan panjang kurang lebih 25 cm dan lebar disesuaikan dengan panjang stik es krim. Untuk membuat tempat alat tulis ini dibutuhkan 23 stik es krim.

2. Langkah selanjutnya tempelkan semua stik es krim pada kertas karton. Gunakan lem tembak atau lem fox. Untuk bagian sisi atau salah satu tepi pada kertas karton beri jarak 1 cm tanpa ditempelkan stik es krim.

3. Setelah semua stik es krim terpasang pada kertas karton, selanjutnya lingkarkan kertas karton dan pertemukan dengan sisi dengan sisi sehingga membentuk tabung.

4. Langkah selanjutnya yaitu membuat alas tempat alat tulis. Untuk membuat alas tempat alat tulis ini dibutuhkan 12 stik es krim. Atur stik-stik es krim dengan berjajar atau vertikal.

5. Tempelkan dua stik es krim dengan posisi melintang atau horisontal pada sisi stik-stik es krim. Dengan demikian maka stik-stik es krim akan melekat satu dengan yang lain.

6. Langkah selanjutnya gabungkan tabung tempat alat tulis dengan alasnya. Gunakan lem tembak sebagai perekat. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

7. Untuk mempercantik tempat alat tulis dari stik es krim ini kita perlu menghias dengan pita. Pada tutorial ini yang digunakan adalah pita zig-zag.

8. Langkah terakhir yaitu menghias tempat alat tulis dari stik es krim dengan bunga dari kain flanel. Buat bunga menyerupai bunga matahari. Lalu buat juga batangnya setelah itu tempelkan pada tempat alat tulis. Tambahkan dedaunan warna hijau yang dibuat dari kain flanel dan tempelkan. Selesai.

Demikianlah Ide Kreatif Membuat Tempat Alat Tulis dari Stik Es Krim. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

Tidak ada komentar