Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil dari Kain Perca

Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil dari Kain Perca

Pencil case atau tempat pensil adalah benda yang sangat penting dan selalu dibutuhkan oleh pelajar dan kalangan umum. Ada bermacam-macam bentuk pencil case. Dan yang paling mudah dibuat sendiri adalah dompet pensil. Seperti yang sudah Kreasi Ceria buat kali ini adalah pencil case berupa dompet dari bahan kain perca untuk menggantikan dompet pensil lama yang sudah jelek. Setelah jadi tentu saja cara membuat pencil case atau dompet pensil dari kain perca ini bisa anda simak tutorialnya agar anda juga bisa membuatnya untuk dipakai sendiri atau untuk putri anda..

Pencil Case/ Dompet Pensil Cantik dari Kain Perca
Dompet pensil yang cantik seperti ini cocok untuk anak perempuan. Memasuki tahun ajaran baru biasanya anak-anak membutuhkan peralatan sekolah yang serba baru mulai dari tas, buku, sepatu, tempat pensil, dan peralatan tulis lainnya. Salah satu benda atau peralatan sekolah yang bisa dibuat sendiri dengan mudah adalah pencil case atau dompet pensil. Namun biasanya anak usia TK dan SD kelas 1 dan 2 tidak begitu tertarik dengan dompet pensil buatan sendiri apalagi bahannya dari kain perca biasa. Mereka lebih menyukai tempat pensil yang ada gambar karakter kartun tertentu.

Meski demikian, bukan berarti dompet pensil buatan sendiri tidak menarik. Nyatanya dompet pensil yang saya buat ini menarik perhatian murid saya yang sudah kelas 5 atau yang sudah memasuki usia remaja. Saya pernah memberikan dompet model serupa kepada salah satu murid les saya yang cewek. Dan ketika dibawa ke sekolah, ternyata dompet pensilnya jadi rebutan teman-temannya di kelas. Ada yang memaksa ingin membelinya. Mereka bertanya, beli di mana? Untungnya murid saya menjawab "rahasia" hahaha ... Pinteeerrr kamu nak :)

Baiklah, berikut ini sharing pengalaman membuat pencil case/dompet pensil dari kain perca yang mudah sekali dibuat dan mudah-mudahan tutorialnya bisa dipahami.

Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil

Untuk membuat dompet pensil, anda hanya membutuhkan kemampuan menjahit tingkat dasar. Tidak punya mesin jahit tidak masalah karena anda cukup menjahitnya dengan tangan. Gunakan teknik tusuk tikam jejak.

Namun sebelum memulainya, siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:
1. Kain perca
2. Kain flanel untuk lapisan/ furing
3. Resleting (panjang disesuaikan kebutuhan)
4. Jarum dan benang
5. Gunting
6. Bunga kain untuk hiasan
7. Lem tembak

Proses Membuat Dompet Pensil

Gambar Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil Part 1
1. Siapkan kain perca dari jenis kain apa saja, kain flanel, dan resleting. Kain perca dan kain flanel memiliki ukuran panjang 25 cm x 25 cm. Untuk resleting, anda bisa menggunakan resleting baju. Untuk ukuran resleting, sesuaikan dengan ukuran dompet pensil yang diinginkan.

2. Selanjutnya letakkan kain flanel di bawah. Tumpuk dengan kain perca. Sematkan jarum pentul agar mudah proses pengerjaannya.

3. Lepaskan kepala resleting seperti pada gambar agar resleting bisa dipasang dengan mudah.

4. Lipat tepi kain kira-kira 1 cm.  Sematkan jarum pentul agar lipatan tidak bergeser. Setelah itu jahit resleting menindas lipatan. Jahit saja lurus.

5. Lakukan hal yang sama untuk bagian sisi kain yang satunya sehingga dua bagian resleting kini sudah terpasang dengan rapi.

6. Langkah selanjutnya pasangkan kembali kepala resleting seperti pada gambar. Tutup separuh saja untuk proses membalik bahan.

Gambar Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil Part 2
7. Setelah dibalik dan kembali seperti semula, selanjutnya jahit bagian pinggir kanan dan kiri dompet seperti pada gambar. Rapikan dengan gunting agar jarak tepi tidak terlalu lebar.

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat sudut. Ukur kira-kira 3 cm dari tepi kemudian jahit lurus pojok bawah sehingga membentuk seperti segitiga. Setelah itu balikkan bagian dalam dompet sehingga berada di luar.

9. Agar dompet pensil tampak cantik, beri hiasan bunga kanzashi yang sudah disiapkan.

10. Langkah terakhir pasangkan bunga kanzashi pada dompet dengan bantuan lem tembak. Dan itulah dompet pensil dari kain perca.

Bagaimana? Mudah bukan Cara Membuat Pencil Case/ Dompet Pensil dari Kain Perca ? Semoga bermanfaat dan menginspirasi siapa saja yang ingin berkarya.

Baca juga:

Tidak ada komentar