Cara Membuat Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca Satin

Cara Membuat Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca Satin

Gantungan kunci dalam bahasa Inggris disebut keychain. Benda ini menjadi sangat penting bagi saya. Beberapa waktu yang lalu kontak motor saya terjatuh di tepi jalan. Untungnya pada kontak motor tersebut ada gantungan kunci yang terlihat begitu mencolok sehingga mudah dikenali. Saya senang sekali karena ternyata tidak sia-sia saya membuatnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ide kreatif dan cara membuat gantungan kunci cantik dari kain perca satin agar anda juga bisa membuatnya.

Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, untuk bahan gantungan kunci cantik ini adalah kain perca yaitu potongan kain kecil-kecil. Kebetulan saya memiliki banyak perca kain satin yang masih lumayan lebar. Nah, dari pada dibuang sayang akhirnya saya manfaatkan saja untuk membuat gantungan kunci cantik berbentuk bunga tulip warna-warni.

Seperti inilah penampakan gantungan kunci cantik dari kain perca satin.

Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca
Bagaimana? Cantik kan gantungan kuncinya? Dengan gantungan kunci seperti ini, dari kejauhan pun kunci sudah terlihat dan tentunya mudah ditemukan. Dan jika digunakan untuk kontak motor, maka tidak akan membuat motor menjadi lecet-lecet karena jenis gantungan kunci ini dari bahan yang empuk.

Selain untuk gantungan kunci kontak motor, gantungan kunci dari kain perca satin ini juga bisa digunakan untuk mempercantik tas.

Cara Membuat Gantungan Kunci Cantik

Gantungan kunci unik berbentuk bunga tulip ini membutuhkan bahan dan peralatan yaitu :
1. Kain perca satin
2. Dakron
3. Mutiara imitasi
4. Tali kur
5. Gantungan kunci
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Gantungan Kunci 

Tutorial Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca 1
1. Pertama-tama potong kain perca satin berbentuk persegi panjang berukuran 5 cm x 10 cm. Potong sebanyak 4. Pilih kain yang warnanya cerah. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan selera. Siapkan kain satin warna hijau untuk daun.

2. Langkah selanjutnya bakar semua sisi kain yang dipersiapkan untuk membuat mahkota bunga tulip.

3. Langkah selanjutnya lipat sisi kain atas dan bawah kemudian sematkan jarum pentul seperti pada gambar.

4. Setelah itu kita lanjutkan dengan proses menjahit untuk membuat bunga. Gabungkan kedua sisi kain yang berbentuk persegi panjang untuk bunga. Jahit lurus kemudian balikkan dan bentuknya berubah seperti gelondongan tabung.

5. Setelah itu jahit untuk membentuk kuncup bunga. Jangan lupa matikan jahitannya agar benang tidak lepas. Untuk langkah ini benang jangan dipotong dulu. Agar bunga tampak cantik selanjutnya pasang manik-manik di tengahnya dengan cara dijahit. Setelah itu matikan jahitannya dan pastikan agar jahitannya kencang.

6. Lakukan langkah yang sama untuk membuat bunga dari kain yang sudah disiapkan tadi. Dan hasilnya seperti pada gambar.

Tutorial Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca 2
7. Langkah selanjutnya potong tali kur berukuran 50 cm menjadi dua. Setelah itu masukkan tali kur pada gantungan kunci. Siapkan dakron secukupnya untuk mengisi bunga.

8. Langkah selanjutnya membuat kelopak bunga dari kain satin warna hijau. Potong menyerupai bentuk kelopak bunga selanjutnya lubangi dan bakar tepi dan lubang kelopak bunga agar serat kain tidak terburai.

9. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan kelopak bunga pada tali kur lalu simpulkan tali kur. Kemudian jahit tepi bunga dengan teknik tusuk jelujur kemudian masukkan dakron. Masukkan tali kur pada bunga dan tarik benangnya. Jahit mati agar benang mengait dan bunga tulip terbentuk. Beri lem tembak pada kelopak bunga dan rekatkan.

10. Lakukan hal yang sama sehingga semua bunga dan kelopak terpasang pada tali kur. Kita lanjutkan membuat daun.

11. Setelah kain dipotong menyerupai bentuk daun selanjutnya jahit mengikuti bentuk pola daun. Cara menjahit dimulai dari ujung. Untuk tengahnya lompati 1 cm untuk membalik kain dan lanjutkan lagi proses menjahit bagian daun. Setelah itu balikkan kain.

12. Langkah terakhir pasangkan daun pada gantungan kunci dengan cara diikat seperti pada gambar. Dan selesai.

Demikianlah sharing Cara Membuat Gantungan Kunci Cantik dari Kain Perca Satin. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar