Cara Mudah Membuat Gaun Boneka Barbie dari Kain Perca

Sudah beberapa bulan ini baju boneka barbie kesayangan saya tidak ganti baju. Hal ini karena boneka barbie klasik tersebut saya pajang di buffet untuk hiasan. Nah, agar si barbie punya baju baru dan tetap cantik, saya pun membuatkan untuknya gaun sederhana. Bahannya dari kain perca. Dan cara mudah membuat gaun barbie dari kain perca ini bisa anda simak tutorialnya agar anda juga bisa membuatnya.

Jika anda berhasil membuat gaun boneka, dijamin anda pasti bisa membuat baju asli. Baik itu nantinya untuk dipakai sendiri atau untuk buah hati. Anda tinggal mengubah ukurannya saja. Dan model gaun yang saya maksud seperti di bawah ini.

Gaun Boneka Barbie dari Kian Perca

Bagaimana? Bagus tidak? Di lingkungan yusup, banyak yang mengatakan barbie nya seram. Iya, memang mirip noni-noni Belanda. Meskipun demikian, saya sangat mencintai boneka barbie saya. Boneka model seperti itu sudah langka. Yang ada saat ini boneka barbie biasa yang matanya tidak bisa merem melek.

Baiklah, berikut ini langsung saja saya share cara membuat gaun boneka barbie yang cukup mudah. Model gaun sederhana lengan setali. Yang paling penting dalam proses membuat baju adalah anda bisa menjahit tingkat dasar. Jika anda bisa menjahit dengan mesin jahit itu lebih baik.

Cara Membuat Gaun Boneka Barbie

Untuk membuat gaun boneka barbie, kita perlu menyiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut
1. Kain perca apa saja
2. Pita hias
3. Velcro
4. Lem tembak
5. Jarum dan benang
6. Gunting

Langkah-langkah Membuat Gaun Boneka Barbie


Tutorial Gaun Boneka Barbie dari Kian Perca 1

1. Pertama-tama ukur dulu boneka yang akan dibuatkan  gaun. Setelah itu buat pola gaun bagian atas karena gaun terdiri dari 2 bagian yaitu atasan dan rok. Buat pola seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain. Lipat kain menjadi dua. Di sini saya menggunakan perca kain yang agak elastis seperti kain kaos tepatnya bahan untuk membuat celana yang biasanya dipakai para pemain sepak bola. Setelah itu potong kain sesuai pola. lubangi tengahnya untuk membuat kerung leher.

3. Itulah bagian-bagian gaun yang terdiri dari atasan dan bawahan di mana untuk bagian bawahan saya menggunakan kain perca katun motif bunga.

4. Langkah selanjutnya membuat manset lengan. Setelah itu pasangkan pada lengan baju dengan cara dijahit kemudian untuk sisi dalam cukup diberi lem tembak dan rekatkan.

5. Dan itulah hasil pengerjaan memasang manset lengan. Setelah itu gunting bagian belakang gaun tepat di tengahnya untuk membuat tempat kancing.

6. Langkah selanjutnya membuat manset untuk tempat kancing. Dan hasilnya seperti pada gambar.

7. Langkah selanjutnya yaitu mengerjakan bagian rok. Lipat bagian bawah untuk membuat keliman. Gunakan lem tembak dan rekatkan.

Tutorial Gaun Boneka Barbie dari Kian Perca 2

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat wiru. Setelah diwiru sesuaikan ukurannya dengan lebar baju atas. Agar lebih mudah jahit jelujur dulu.

9. Langkah selanjutnya menyambung atasan dan rok bagian muka dan belakang.

10. Setelah itu lipat gaun. Sematkan jarum pentul setelah itu jahit mengikuti bentuk gaun. Menjahitnya dari ujung rok sampai ujung lengan gaun.

11. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya balikkan gaun sebagaimana mestinya.

12. Langkah selanjutnya pasangkan pita hias pada kerung leher dan pinggang.

13. Langkah terakhir beri lem tembak dan pasangkan velcro pada tempat kancing. Velcro ini sebagai gantinya ritsleting.

14. Proses membuat gaun boneka barbie sudah selesai.

Demikianlah pengalaman saya membuat baju untuk boneka barbie. Dan Cara Mudah Membuat Gaun Boneka Barbie dari Kain Perca sudah saya bagikan.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Gaun Boneka Barbie dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA