Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain

Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain

Sudah menjadi tradisi sejak dulu, memasuki tahun ajaran baru biasanya anak-anak membutuhkan peralatan sekolah yang serba baru mulai dari tas, buku, sepatu, tempat pensil, dan peralatan tulis lainnya. Salah satu benda atau peralatan sekolah yang bisa dibuat sendiri dengan mudah adalah tempat pensil. Dan pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi cara mudah membuat tempat pensil unik bentuk sepatu dari bahan kain perca.

Tempat Pensil Bentuk Sepatu

Meskipun tempat pensil yang digunakan ternyata buatan sendiri belum tentu hasilnya tidak menarik. Hal ini tergantung pada model atau bentuk. Jika tempat pensilnya berbentuk sederhana seperti dompet biasa mungkin anak-anak kurang tertarik apalagi jika motifnya bunga-bunga yang kesannya ndeso. Tapi ada juga anak yang justru suka dengan tempat pensil yang bermotif bunga-bunga.

Sebagai orang tua sudah selayaknya memperhatikan kebutuhan anak. Agar anak-anak senang dan semangat belajar bagaimana kalau dibuatkan saja tempat pensil dari kain perca. Mengapa membuat sendiri? Membeli kan banyak. Iya benar. Di toko banyak dijual tempat pensil yang bagus-bagus tapi yang bentuknya unik seperti gambar di bawah ini mana ada kalau tidak membuat sendiri. Meskipun ada harganya mahal berkisar puluhan dollar dan adanya di situs jual beli.

Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain Perca

Itulah tempat pensil unik bentuk sepatu made in Kreasi Ceria. Bagus kan? Anda boleh percaya boleh tidak, tempat pensil ini ternyata mampu memikat hati seseorang yang melihatnya langsung dan dengan senang hati saya memberikan tempat pensil bentuk sepatu ini secara cuma-cuma sebagai imbalan karena seseorang itu sudah memberikan apresiasi :)

Bagaimana reader? Anda ingin memiliki tempat pensil seperti gambar di atas? Jika iya, berikut ini tutorial cara membuatnya. Simak baik-baik yaaa ...

Cara Membuat Tempat Pensil Bentuk sepatu

Untuk membuat tempat pensil bentuk sepatu kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut.
1. Kain perca satin
2. Kain flanel untuk lapisan
3. Ritsleting
4. Kertas hvs untuk pola
5. Korek gas
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Tempat Pensil Bentuk Sepatu

Tutorial Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain Perca 1

1. Siapkan bahan utama yaitu kain satin, kain flanel, ritsleting. Jika tidak ada kain satin bisa menggunakan kain apa saja. Untuk ritsleting disesuaikan dengan ukuran tempat pensil yang diinginkan.

2. Langkah selanjutnya membuat terlebih dulu dahulu pola sepatu dengan menggunakan kertas. Anda bisa menggunakan kertas koran atau kertas HVS. Ukuran tempat pensil silahkan disesuaikan dengan keinginan anda. Setelah pola sudah dibuat hasilnya tampak seperti pada gambar.

3. Langkah selanjutnya yaitu menerapkan pola pada bahan. Potong kain satin dankain flanel sesuai dengan bentuk pola kertas. Kain flanel untuk lapisan. Cara memotong lebihkan 1 cm untuk jarak tepi. Agar serat kain tidak terburai, maka kita harus membakar pinggir kain dengan korek gas.

4. Langkah selanjutnya yaitu proses menjahit ritsleting. Lipat kain yang di bawahnya berupa kain flanel. Letakkan resleting di bawah kain. Sematkan jarum pentul selanjutnya jahit dengan teknik tikam jejak.

5. lakukan hal yang sama sehingga kedua bagian kain tersambung dengan ritsleting. Untuk hasilnya tampak seperti pada gambar.

6. Jika ritsleting sudah terpasang selanjutnya siapkan upper yaitu bagian seperti bentuk setengah lingkaran.
Tutorial Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain Perca 2

7. Langkah selanjutnya jahit upper atau sepatu bagian atas pada bahan. Jahit upper di atas pembatas resleting. Hasilnya bisa dilihat pada gambar.

8. Periksa hasil pengerjaan apakan bagian upper sudah tersambung dengan baik. Upper atau sepatu bagian atas jika dibalik maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

9. Selanjutnya gabungkan kedua bagian sepatu samping kiri dan kanan dengan cara menjahitnya pada bagian belakang.

10. Langkah berikutnya yaitu memasang bagian alas sepatu. Kita harus melakukan proses ini dengan hati-hati dan seksama agar bentuk sepatu nantinya tidak penceng. Untuk memudahkan proses ini, sematkan jarum pentul. Jika sudah pas lalu jahit dengan teknik tusuk tikam jejak. Agar bagus, pertama-tama menjahitnya dari belakang dulu tepat pada bagian sambungan. Untuk bagian depan, kita juga harus mengatur agar posisi upper bisa pas dengan alas sepatu. Setelah itu balikkan.

11. Sepatunya sudah jadi. Namun tampilannya terlihat kurang menarik tanpa adanya ornamen. Disinilah perlunya membuat hiasan. Ornamen ini bisa dibuat dalam bentuk bunga kanzashi. Kegunaan dari bunga ini selain untuk mempercantik penampilan tempat pensil juga untuk menutupi pembatas ritsleting.

12. Langkah terakhir pasangkan bunga dengan cara diberi lem tembak. Jika sudah, maka jadilah tempat pensil unik bentuk sepatu yang siap digunakan untuk menemani aktivitas terutama para pelajar, ibu guru, dan anda sendiri juga boleh.

Demikianlah Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Kain yang tutorialnya sudah saya bagikan. Terima kasih sudah membacanya. Semoga bermanfaat dan semoga pula hari-hari anda menyenangkan.

Baca juga:

Tidak ada komentar