Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca

Lagi butuh tempat pensil untuk si kecil bunda? Mari membuat tempat pensil sendiri dari bahan kain perca. Tempat pensil yang kita buat ini bentuknya sangat unik dan lucu. Adalah tempat pensil bentuk lebah. Cara membuat tempat pensil unik bentuk lebah dari kain perca ini juga cukup mudah sebenarnya. Kita tinggal mengikuti pola-pola yang sudah dibuat dan tarraa ...

Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca

Tempat pensil bentuk lebah seperti ini memiliki desain dan bentuk yang unik, berbeda dengan tempat pensil yang dijual di pasaran karena memang tidak ada yang menjual tempat pensil seperti gambar di atas. Dengan adanya tempat pensil lucu bentuk lebah, yakin kalau anak tidak tertarik? Yang jelas anak-anak pasti menyukainya. Anda bisa mencoba membuat tempat pensil bentuk lebah seperti itu.  Awalnya digunakan oleh putra-putri anda. Siapa tahu nantinya menarik minat teman-temannya sehingga anda banjir pesanan.

Cara Membuat Tempat Pensil Bentuk Lebah

Jika anda juga ingin membuatnya, berikut ini tutorialnya. Namun sebelum membuat, persiapkan dulu peralatan dan bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu :
1. Kertas hvs dan pensil untuk membuat pola.
2. Kain perca satin polos
3. Kain motif polkadot
4. Kain flanel untuk lapisan
5. Ritsleting
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Mata boneka
9. Tali kur besar
10. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Tempat Pensil Bentuk Lebah

Tutorial Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca 1

1. Siapkan bahan utama yaitu kain satin, kain flanel dan ritsleting. Jika tidak ada kain satin bisa menggunakan kain apa saja.

2. Selanjutnya siapkan kertas hvs dan pensil. Buat pola yang terdiri dari badan dan sayap. Untuk ukuran sesuaikan dengan keinginan yang penting beberapa pensil baru dan peralatan tulis lainnya bisa masuk dan muat dalam tempat pensil.

3. Kemudian pola dipecah menjadi 5 untuk memudahkan membedakan bagian yang berwarna kuning dan hitam. Beri tulisan mana yang kuning dan mana yang hitam sehingga berselang-seling.

4. Langkah selanjutnya terapkan pola pada kain satin untuk sisi luar dan kain flanel sebagai lapisan di bawahnya. Bakar tepi kain agar serat kain satin tidak terburai.

5. Dan itulah penampakan bagian-bagian tempat pensil yang ada lapisan kain flanel untuk bagian sisi dalam.

6. Langkah selanjutnya membuat sepasang sayap lebah dari kain motif polkadot dan lapisan dari kain flanel yang dipotong menurut pola.

7. Jahit bagian sayap kemudian balikkan dan hasilnya seperti pada gambar.

8. Langkah selanjutnya susun dan jahit bagian-bagian lebah secara berselang-seling sesuai urutan pola.

Tutorial Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca 2

9. Langkah selanjutnya tumpuk kedua sayap pada kain yang memiliki pola persegi panjang. Sematkan jarum pentul.

10. Buat dua sungut lebah dari tali kur besar kemudian bakar ujungnya agar serat tali tidak lepas lalu buat simpul selanjutnya pasangkan pada kedua sayap lebah seperti pada gambar.

11. Langkah selanjutnya tumpuk dengan bagian yang lain dan sambungkan dengan cara menjahitnya sehingga terbentuk seperti pada gambar.

12. Susun dan jahit bagian-bagian lebah secara berselang-seling sesuai urutan pola dan kedua bagian tempat pensil yaitu depan dan belakang terlihat seperti pada gambar.

13. Rapikan kedua bagian tempat pensil dengan cara diseterika agar hasilnya bagus. Untuk ritsleting bisa menggunakan ukuran apa saja.

14. Langkah selanjutnya yaitu menjahit ritsleting. Lipat kain berlapis kain flanel. Letakkan ritsleting di bawahnya. Sematkan jarum pentul kemudian jahit dengan teknik tusuk tikam jejak. Lakukan langkah yang sama untuk sisi yang satunya.

15. Langkah berikutnya yaitu menggabungkan bagian depan dan belakang tempat pensil. Jahit mengikuti bentuk pola. Potong resleting yang tersisa. Selanjutnya balikkan tempat pensil sebagaimana mestinya.

16. Langkah terakhir yaitu memasang mata boneka. Gunakan lem tembak. Dan itulah hasil pembuatan tempat pensil unik bentuk lebah.

Itulah Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Tempat Pensil Unik Bentuk Lebah dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA