Cara Mudah Membuat Hiasan Gantung Unik dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Hiasan Gantung Unik dari Kain Flanel

Dinding rumah tanpa hiasan tentu saja tidak menarik. Hal ini bisa membuat penghuni rumah merasa bosan. Biasanya anak-anak suka dengan sesuatu yang bisa membuat suasana di rumah menjadi lebih indah dan ramai. Misalnya dengan adanya hiasan yang digantungkan pada pintu kamar dengan tujuan untuk memberi tahu bahwa itu adalah kamarnya. Hiasan gantung tersebut biasanya diberi tulisan tertentu, misalnya nama pemilik kamar atau tulisan selamat datang.

Hiasan Gantung Unik dan Menarik dari Kain Flanel

Hiasan gantung seperti itu bisa diperoleh dengan cara membeli di situs jual beli. Saat ini banyak sekali hiasan gantung dari kain flanel yang juga dipasarkan melalui media sosial. Sebenarnya cara membuat hiasan gantung dari kain flanel ini cukup mudah. Kita tinggal membuat pola dasarnya saja seperti apa model hiasan gantung yang kita inginkan. Nah, agar kita bisa memiliki hiasan gantung tanpa harus membeli. Berikut ini cara mudah membuat hiasan gantung unik dari kain flanel yang tutorialnya bisa anda terapkan di rumah.

Cara Membuat Hiasan Gantung

Untuk membuat hiasan gantung kita perlu mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan seperti berikut.
1. Kain flanel
2. Kain perca
3. Mata boneka
4. Kardus bekas
5. Kertas hvs untuk pola
6. Tali kur
7. Dakron
8. Jarum dan benang
9. Gunting
10. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Hiasan gantung Unik dari Kain Flanel

Tutorial Hiasan Gantung Unik dan Menarik dari Kain Flanel 1

1. Pilih kain flanel warna cerah. Tali kur yang dibutuhkan panjangnya sekitar 50 cm. Untuk kardus bekas dipotong persegi panjang ukuran sesuai dengan keinginan

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola dasar menggunakan kertas hvs. Di sini hiasan gantung yang dibuat adalah model burung bertenger di dahan pohon sehingga kita harus membuat polanya dulu. Setelah itu gunting pola tersebut seperti pada gambar.

3. Setelah itu terapkan pola dasar hiasan gantung tadi pada kain flanel sehingga didapat bagian-bagian hiasan gantung yang diinginkan.

4. Potong tali kur menjadi 3. Yang satu berukuran 25 cm dan yang dua masing-masing berukuran 12,5 cm.

5. Langkah selanjutnya simpulkan salah satu ujung dari dua tali kur tadi lalu pasang pada dahan bagian bawah selanjutnya jahit dengan teknik tusuk feston. Simpulkan kedua ujung tali kur yang satunya lagi dan pasangkan pada dahan. Lanjutkan menjahit lalu masukkan dakron. Ratakan dakron sehingga dahan terbentuk dan lanjutkan lagi proses menjahit untuk menutup lubang masuknya dakron. Dan itulah hasilnya.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat burung. Jahit dengan menggunakan teknik tusuk feston. Di sini burung yang dibuat sebanyak dua.

Tutorial Hiasan Gantung Unik dan Menarik dari Kain Flanel 2

7. Jangan lupa membuat sayap burung. Di sini bahan yang digunakan adalah kain perca motif. Jika tidak ada kain perca motif bisa menggunakan kain flanel warna lain.

8. Setelah bagian sayap selesai dibuat selanjutnya tempelkan sayap pada badan burung. Tempelkan juga mata boneka.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat papan tulisan. Bungkus atau lapisi kertas kardus yang sudah dipersiapkan setelah itu jahit pinggirnya dengan teknik tusuk feston. Setelah itu tempelkan huruf-huruf pada papan flanel.

10. Untuk mempercantik dahan pohon diperlukan bunga mawar gulung dari kain flanel yang sudah tersedia atau bisa langsung dibuat dengan cara yang juga cukup mudah.

11. Langkah selanjutnya pasangkan papan tulisan tadi pada dahan dengan cara melubangi papan tulisan dan mengaitkan tali kur lalu buat simpul dan rekatkan dengan lem tembak.

12. Langkah terakhir tempelkan bunga mawar gulung pada dahan. Tempelkan juga dua burung dan selesai.

Itulah Cara Mudah Membuat Hiasan Gantung Unik dari Kain Flanel yang bisa and lakukan untuk mempercantik dinding rumah dengan hiasan gantung yang unik dan menarik.

Baca juga:

Tidak ada komentar