Cara Mudah Membuat Bunga Cantik Bunga Sakura dari Flanel

Cara Mudah Membuat Bunga Cantik Bunga Sakura dari Flanel

Lagi senang-senangnya membuat bunga nih readers. Kali ini penulis ingin berbagi cara mudah membuat bunga cantik bunga sakura dari kain flanel. Ya, seperti yang kita tahu, bunga sakura adalah bunga yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Meskipun mungkin kita belum pernah melihat wujud asli bunga yang tumbuh subur di negara asalnya yaitu Jepang.
Bunga Sakura Cantik dan Indah dari Kain Flanel

Sebenarnya di Indonesia juga ada taman-taman khusus di mana bunga sakura bisa kita nikmati keindahannya. Warnanya yang kemerah-merahan dan ada juga yang putih memang cantik sekali. Bagi anda yang ingin menikmati indahnya bunga sakura sepanjang hari tanpa harus ke luar rumah, ke luar kota apalagi harus pergi ke Jepang. Saat ini ada bunga sakura yang sangat indah yang bisa diletakkan di sudut ruangan. Tentunya bukan bunga sakura asli. Bunga sakura yang dimaksud adalah bunga sakura palsu dari kain flanel.

Berikut ini sharing pengalaman membuat bunga sakura yang lebih mudah tapi hasilnya indah sehingga bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan dan bisa juga sebagai referensi untuk mengerjakan tugas prakarya sekolah.

Cara Membuat Bunga Sakura Yang Mudah

Untuk membuat bunga sakura, anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan diantaranya:
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Kertas koran
4. Solasi hijau
5. Putik imitasi
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Lem tembak

Berikut ini gambar dan tutorial cara membuat bunga sakura yang sudah kami lengkapi dengan keterangannya.

Tutorial Bunga Sakura Cantik dan Indah dari Kain Flanel 1

1. Siapkan kain flanel warna putih dan merah muda. Putik imitasi untuk mempercantik bunga dan pola bunga yang dibuat dari kertas.

2. Gunting kain flanel membentuk persegi panjang lalu terapkan pola bunga pada kain flanel. Sematkan jarum pentul setelah itu gunting kain flanel sesuai pola.

3. Setelah digunting maka akan didapat bentuk seperti pada gambar. Ada lima mahkota atau lengkungan. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan.

4. Langkah selanjutnya yaitu membentuk bunga.Caranya yaitu dengan menjahit kain flanel tadi menggunakan teknik tusuk jelujur. Jahit dari ujung sampai pangkal. Kemudian tarik benangnya dan simpulkan.
Tutorial Bunga Sakura Cantik dan Indah dari Kain Flanel 2
5. Setelah itu siapkan putik imitasi. Untuk satu bunga diperlukan 2 putik imitasi. Tekuk dua putik imitasi menjadi dua selanjutnya masukkan di tengah-tengah bunga. Untuk mengganjal putik, gunakan potongan kain flanel kemudian masukkan kain flanel kecil pada lipatan putik. Beri lem tembak dan rekatkan potongan kain flanel tadi lalu tarik putik ke atas.

6. Buat beberapa bunga sakura dengan langkah yang sama. Semakin banyak bunganya maka semakin bagus jika digunakan untuk hiasan.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat ranting. Siapkan kawat kecil dengan ukuran panjang 70 cm. Selanjutnya tekuk kawat menjadi dua. Selanjutnya bungkus kawat dengan potongan kertas koran yang dililitkan spiral. Buat lilitan sebanyak 3 lapis. Buat beberapa tangkai lagi untuk membuatnya menjadi bercabang. Lilitkan solasi hijau agar ranting tampak alami.

Setelah ranting selesai dibuat, selanjutnya tempelkan bunga sakura pada ranting. Agar bunga tidak mudah lepas, beri lem tembak lalu tempelkan potongan kain flanel untuk menutupi ranting dan rekatkan juga potongan kain flanel pada bunga bagian belakang.

8. Tempelkan semua bunga yaitu bunga sakura warna merah muda dan bunga sakura warna putih dengan mengatur letaknya secara berselang-seling sehingga jadilah menyerupai ranting bunga sakura yang cantik.

Itulah sharing Cara Mudah Membuat Bunga Cantik Bunga Sakura dari Flanel. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar