Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Krep

Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Krep

Ketika masih SD dulu, tentunya kita pernah mendapat tugas keterampilan. Sampai sekarang tugas keterampilan masih ada dan tetap ada. Istilah kerennya sekarang adalah prakarya. Untuk anak laki-laki biasanya membuat kincir angin dan layang-layang, sedangkan anak perempuan biasanya memilih membuat bunga.
Gambar Bunga Indah dari Kertas Krep
Tugas prakarya biasanya dikerjakan secara berkelompok. Membuat kerajinan bisa dari bahan apa saja. Jika bahannya harus dibeli, yang harganya murah namun hasil kerajinan yang dibuat nantinya indah kenapa tidak. Sejak dulu sampai sekarang, kertas krep atau disebut juga kertas klobot adalah bahan yang banyak digunakan oleh anak-anak SD untuk membuat kerajinan khususnya bunga. Selain murah, kertas krep juga memiliki bermacam-macam pilihan warna. Kertas krep tidak kaku, sehingga mudah dibentuk.

Pertanyaannya, bunga dari kertas krep yang mudah dibuat namun hasilnya indah itu seperti apa? Berikut ini cara mudah membuat bunga yang indah dari kertas krep. Dijamin memang mudah sehingga cocok dipraktekkan anak-anak SD untuk tugas prakarya. Yuk disimak !

Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep

Untuk membuat bunga ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:
1. Kertas krep
2. Kertas origami
3. Kawat
4. Solasi hijau
5. Penjepit jemuran
6. Lem Kertas
7. Gunting
8. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga dari Kertas Krep
Gambar Tutorial Membuat Bunga Indah dari Kertas Krep 1
1. Pilih kertas krep yang warnanya cerah. Di sini yang digunakan adalah kertas krep warna putih dan merah muda. Sedangkan kawat yang digunakan adalah yang ukuran kecil. Untuk solasi hijau bisa diganti kertas krep warna hijau.

2. Langkah selanjutnya potong kertas krep. Untuk ukurannya yaitu panjang 20 cm dan lebar 10 cm. Potong sebanyak 4.

3. Tumpuk keempat potongan kertas krep tadi lalu jepit dengan penjepit jemuran.

4. Langkah selanjutnya lipat akordion yaitu melipat seperti membuat kipas. Usahakan jarak lipatan sama. Setelah itu lengkungkan kawat yang sudah disediakan lalu pasangkan di tengah-tengah lipatan akordion tadi. Pelintir kawatnya agar terkunci.
Gambar Tutorial Membuat Bunga Indah dari Kertas Krep 2
5. Langkah selanjutnya yaitu membentuk bunga. Buka lipatan-lipatan tersebut dengan menarik pelan-pelan ke atas dan ke bawah. Atur kemekaran bunga. Jika ada yang tidak rapi bisa dirapikan dengan gunting.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun dari kertas origami. Pilih kertas origami motif jika ada karena kertas origami motif, di balik motifnya memiliki warna hijau daun. Setelah itu beri lem kertas lalu letakkan kawat di tengahnya. Lipat kertas origami menjadi dua lalu potong menjadi bentuk menyerupai daun.

7. Itulah daun yang dibuat dari kertas origami. Lengkungkan daunnya agar daun tampak natural.

8. Langkah terakhir, bungkus tangkai kawat dengan solasi hijau dimulai dari bawah bunga. Pasangkan juga daunnya lalu lanjutkan membungkus tangkai kawat sampai ujung tangkai. Selesai.

Demikianlah sharing Cara Mudah Membuat Bunga yang Indah dari Kertas Krep. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar