Tutorial Cara Membuat Bunga Gerbera dari Kain Flanel

Tutorial Cara Membuat Bunga Gerbera dari Kain Flanel

Bunga gerbera memiliki nama lain herbras. Secara ilmiah, bunga gerbera tergolong dalam keluarga Asteraceae. Sekilas, bunga gerbera ini mirip bunga daisy. Bunga gerbera merupakan tanaman hias yang diperkirakan berasal dari Afrika Selatan, Afrika Utara, dan Rusia.

Pesona bunga gerbera dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Di Indonesia, bunga ini bisa ditemui di taman-taman bunga dan di pedagang bunga. Selain memiliki bentuk yang cantik mengagumkan, bunga ini juga kaya manfaat diantaranya untuk membuat karangan bunga hingga bahan baku kosmetik.
Bunga Gerbera dari Kain Flanel
Selain cantik dan menyimpan beberapa manfaat, bunga gerbera juga dapat melambangkan cinta dan kasih sayang. Bunga gerbera dapat dijadikan hadiah yang tepat karena bunga ini melambangkan semangat dan membuat hari-hari anda dan orang terkasih menjadi lebih ceria.

Bunga gerbera juga bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan. Jika dijadikan hiasan, maka kita harus menyiasatinya agar bunga gerbera ini bisa tahan lama anti layu. Langkah cerdas yang bisa diambil yaitu dengan membuat bunga gerbera palsu. Bahannya tentu saja dari kain flanel. Tutorial cara membuat bunga gerbera dari kain flanel bisa anda simak di bawah ini. Dijamin, pesona bunga gerbera dari kain flanel yang sudah jadi ini mampu membius mata siapa saja yang melihatnya.

Cara Membuat Bunga Gerbera
Untuk membuat bunga indah ini, kita hanya perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut.
1. Kain flanel
2. Spidol
3. Gunting
4. Lem tembak
5. Kawat
6. Dakron

Langkah-langkah membuat bunga gerbera
Tutorial Membuat Bunga Gerbera dari Kain Flanel 1
1. Pertama-tama buat pola mahkota bunga seperti pada gambar. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan.

2. Langkah seanjutnya potong kain flanel menurut pola mahkota bunga. Potong sebanyak 12 helai.

3. Langkah selanjutnya jahit menggunakan teknik tusk feston. Menjahitnya dimulai 1 cm dari ujung mahkota bunga.

4. Setelah semua mahkota bunga dijahit tengahnya, selanjutnya rangkai semua mahkota bunga dengan cara menumpuk. Beri lem tembak dan rekatkan sehingga terbentuklah bunga.

5. Langkah berikutnya yaitu membuat tengahnya/pusat bunga. Potong kain flanel membentuk potongan lingkaran.

6. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk jelujur kemudian masukkan dakron. Pasangkan kawat yang sudah ditekuk lalu tarik benangnya dengan kencang dan simpulkan benangnya sehingga membentuk bulatan.

Tutorial Membuat Bunga Gerbera dari Kain Flanel 2
7. Langkah selanjutnya yaitu membuat putik bunga. Potong kain flanel warna kuning atau warna apa saja. Lipat menjadi dua kemudian gunting-gunting lurus kemudian potong menjadi dua.

8. Pasangkan putik bunga pada pusat bunga yang berbentuk bulatan tadi dengan cara melingkar. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak bunga. Potong kain flanel warna hijau membentuk lingkaran. Kemudian potong pinggirnya membentuk seperti gerigi. Lubangi tengahnya lalu pasangkan pada bunga setelah itu bungkus kawat dengan solasi hijau.

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat daun. Cara membuat daun sama dengan proses membuat bunga. Potong kain flanel warna hijau lalu letakkan kawat di tengahnya. Jahit dengan tusuk feston.

11. Buat beberapa daun lalu rangkai sehingga membentuk seperti ranting. Bungkus tangkai kawat dengan solasi hijau.

12. Nah, itulah bunga gerbera lengkap dengan daunnya yang siap dipajang untuk mempercantik ruangan.

Demikanlah artikel tentang Tutorial Cara Membuat Bunga Gerbera dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

Baca juga:

Tidak ada komentar