Cara Membuat Pohon Delima dari Kain Flanel

Cara Membuat Pohon Delima dari Kain Flanel

Pohon delima adalah pohon yang biasanya ditanam di halaman rumah. Umumnya buah delima berwarna kuning kemerah-merahan ketika masak. Buah delima merah memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak biji mirip buah semangka. Biji delima bersalut daging berwarna bening banyak mengandung vitamin C. Rasanya manis dan menyegarkan. Biji delima dimakan dengan cara digigit-gigit atau dikunyah dan isinya dibuang.

Gambar Pohon Delima Flanel

Bentuk buah delima tergolong unik sehingga menginspirasi saya untuk membuatnya sebagai tanaman palsu penghias ruangan. Sedangkan bahan yang digunakan adalah kain flanel. Di sini saya pilih kain flanel warna kuning karena buah delima ada juga loh yang berwarna kuning. Cara membuat pohon delima dari kain flanel ini sangat mudah. Meskipun mudah bukan berarti semua orang bisa melakukannya jika tidak tahu caranya. Oleh karena itu ide ini saya bagikan di blog ini agar menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Yuk disimak ya ...

Cara Membuat Pohon Delima

Untuk membuat pohon delima ini kita hanya membutuhkan bahan dan peralatan sebagai berikut :
1. Kain flanel
2. Dakron
3. Kawat
4. Solasi hijau
5. Jarum dan benang
6. Gunting
7. Lem tembak

Langkah-langkah membuat pohon delima
Setelah bahan dan peralatan tersedia, berikut ini langkah-langkah membuat pohon delima dari kain flanel.

Gambar Tutorial Pohon Delima dari Kain Flanel 1

1. Gunting kain flanel warna kuning membentuk lingkaran. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan. Di sini ukuran yang digunakan yaitu lingkaran berdiameter 5 cm. Lalu potong kawat dan lilit dengan solasi hijau untuk membuat tangkai buah delima.

2. Langkah selanjutnya jahit tepi kain flanel berbentuk lingkaran tadi dengan teknik tusuk jelujur. Masukkan dakron lalu tarik benangnya sehingga membentuk bulatan.

3. Masukkan tangkai bah yang sudah disiapkan. Lalu tarik benangnya dengan kencang. Jahit beberapa tusukan agar tangkai tidak lepas lalu simpulkan benangnya.

4. Langkah selanjutnya siapkan perca kain flanel warna merah lalu gunting-gunting salah satu tepinya membentuk gerigi.

Gambar Tutorial Pohon Delima dari Kain Flanel 2

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat kuncup buah. Gulung kain flanel bergerigi tadi. Beri lem tembak dan rekatkan.

6. Langkah selanjutnya tempelkan kuncup buah pada ujung bulatan seperti pada gambar.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat kelopak buah. Potong kain flanel warna hijau seperti pada gambar lalu lubangi tengahnya.

8. Masukkan Buah bertangkai pada kelopaknya lalu beri lem tembak dan rekatkan. Buat beberapa buah delima dengan cara yang sama.

9. Langkah selanjutnya yaitu membuat batang. Siapkan kawat sepanjang 20 cm. Lipat menjadi dua lalu likit dengan solasi hijau. Atau bisa juga menggunakan tangkai hijau siap pakai. Selanjutnya rangkai buah delima yang sudah dibuat tadi.

10. Langkah terakhir yaitu membuat daun delima. Selanjutnya tempelkan daun-daun tersebut pada batang seperti pada gambar. Dan proses membuat pohon delima dari kain flanel sudah selesai. Pohon delima dari kain flanel siap dipajang untuk mempercantik ruangan.

Itulah Cara Membuat Pohon Delima dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan di sini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:

This Is The Newest Post

Tidak ada komentar