Cara Paling Mudah Membuat Bunga dari Kertas untuk Tugas Kerajinan

Cara Paling Mudah Membuat Bunga dari Kertas untuk Tugas Kerajinan

Anak-anak biasanya mendapatkan tugas dari sekolah salah satunya adalah tugas kerajinan atau prakarya. Bagi anak SD, membuat prakarya adalah kegiatan yang menyenangkan karena dikerjakan bersama-sama. Untuk anak perempuan umumnya suka membuat bunga.

Bunga dari Kertas untuk Kerajinan SD

Untuk anak SD ada baiknya guru tidak memberikan tugas kerajinan yang terlalu sulit karena kreativitas anak SD tidak semumpuni orang dewasa. Meskipun tidak sedikit anak yang memiliki kemampuan berkreasi melebihi orang dewasa. Namun tetaplah memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan.

Ketika ada tugas kerajinan, orang tua biasanya ikut berperan. Sama halnya dengan guru, ada baiknya orang tua tidak terlalu memaksa anak untuk membuat kerajinan yang dirasa sulit untuk diikuti. Jika ada bunga sederhana dan mudah dibuat namun hasilnya indah kenapa harus membuat yang terlalu rumit sehingga anak menjadi bingung. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi cara paling mudah membuat bunga dari kertas untuk tugas kerajinan.

Untuk bahan yang digunakan adalah kertas buffalo. Meskipun dari bahan kertas yang sederhana ternyata hasilnya lumayan untuk anak-anak sehingga layak dipersembahkan kepada guru agar dinilai. Jika bunganya dikembalikan maka bisa dijadikan pajangan untuk mempercantik ruang tamu di rumah.

Cara Membuat Bunga dari Kertas

Untuk membuat bunga yang indah dari kertas ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan sebagai berikut:
1. Kertas buffalo
2. Kawat
3. Solasi hijau
4. Gunting
5. Lem Kertas
6. Lem tembak

Langkah-langkah Membuat Bunga 

Tutorial Bunga dari Kertas untuk Kerajinan SD 1

1. Itulah bahan dan peralatan yang perlu dipersiapkan. Untuk kertas buffalo di sini yang digunakan adalah yang berwarna merah, kuning untuk bunga, dan hijau untuk daun.

2. Langkah selanjutnya yaitu daun dari kertas berwarna hijau. Caranya lipat kertas menjadi dua lalu beri lem kertas secara merata dan letakkan kawat di tengahnya. Setelah itu kertas digunting menyerupai bentuk daun.

3. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai dari kawat yang dililit solasi hijau lalu pasang daunnya.

4. Selanjutnya yaitu membuat bunga. Terlebih dahulu dibuat pola bunga untuk memudahkan proses pengerjaan.

Tutorial Bunga dari Kertas untuk Kerajinan SD 2

5. Potong kertas sesuai pola seperti pada gambar untuk membuat bunga.

6.  Potong sebagian saja pada salah satu bagian mahkota bunga seperti pada gambar.

7. Beri lem pada bagian yang dipotong selanjutnya rekatkan untuk membuatnya menjadi sedikit menguncup.

8. Langkah selanjutnya gulung menggunakan lidi pada semua pinggir mahkota bunga.

9. Langkah selanjutnya lubangi bunga menggunakan jarum lalu masukkan tangkai bunga. Tekuk kawat bagian ujung untuk mengunci. Setelah itu potong kertas buffalo warna kuning membentuk lingkaran.

10. Langkah terakhir beri lemm di tengah bunga dan tempelkan potongan berbentuk lingkaran tadi di tengah bunga. Selesai. Buatlah bunga beberapa tangkai dengan cara yang sama.

Demikianlah Cara Paling Mudah Membuat Bunga dari Kertas untuk Tugas Kerajinan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tidak ada komentar