Cara Merawat Kain Flanel yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kain Flanel yang Baik dan Benar

Cara merawat kain flanel sangatlah penting untuk diperhatikan jika Anda tidak ingin kain flanel Anda cepat rusak atau warnanya memudar. Kain flanel sering digunakan untuk berbagai macam kerajinan tangan, baik untuk hobi semata hingga menjadi pendapatan seseorang.

Tips dan Cara Merawat Kain Flanel yang Baik dan Benar

Kain flanel memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kain-kain lainnya. Salah satunya adalah memiliki ketebalan yang cukup besar, karena kain ini terlihat seperti busa atau spons tipis sehingga sedikit bervolume. Warna yang ditawarkan pun sangat bervariasi, sehingga Anda bisa memilih warna apa saja yang dibutuhkan.

Jika itu kain katun, maka mencuci adalah cara yang tepat ketika kotor ataupun ketumpahan air. Lantas, bagaimana dengan kain flanel? Karena karakteristik yang berbeda, perawatan kain flanel pun juga berbeda dengan jenis kain lainnya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyimak artikel berikut ini.

Cara Membersihkan Kain Flanel

Jika Anda ingin mengetahui cara merawat dan membersihkan kain flanel, maka Anda harus mengetahui cara yang benar agar tidak merusak kain flanel Anda. Jika Anda ingin mencucinya, gunakan cairan pembersih berbahan ringan dan rendamlah beberapa saat, tidak perlu berlama-lama. Hindari penggunaan pemutih dan larutan detergen.

Apabila noda yang membandel tak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan sikat berbulu halus untuk membersihkannya untuk menjaga tekstur dan serat kain. Disarankan pula untuk tidak menggunakan mesin cuci, sehingga pastikan jika Anda membersihkan noda tersebut dengan merendamnya terlebih dahulu, serta menyikat dan mencucinya dengan tangan agar lebih aman.

Setelah itu, peraslah kain dengan lembut hinggga air yang terkandung bisa keluar. Jangan terlalu keras saat meremasnya karena bisa menyebabkan peregangan kain yang membuatnya bisa hancur atau menipis. Kemudian, letakkan kain pada permukaan yang bersih dan datar untuk diangin-anginkan. Diamkan kurang lebih 1-3 hari tergantung pada suhu ruangan hingga kering.

Cara Untuk Merawat Kain Flanel

Debu menjadi salah satu kotoran yang paling sering menempel pada kain flanel. Jika debu ini menempel pada kain flanel, maka cara merawat kain flanel ini dengan mengusap debu tersebut secara lembut menggunakan tisu. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan penyedot debu secara perlahan agar tidak merusak tekstur khas yang dimiliki kain flanel tersebut.

Namun, jika tidak sengaja Anda menumpahkan air atau kain flanel terkena air, maka tidak Anda tidak perlu memerasnya secara berlebih karena justru bisa merusak kain. Tips merawat kain flanel yang tepat adalah dengan mengangin-anginkan kain hingga kering. Pastikan jika kain tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat memudarkan warna dari kain flanel.

Demikian informasi mengenai cara merawat dan membersihkan kain flanet dengan tepat, agar tekstur tidak mudah rusak dan warna tidak memudar. Dengan cara merawat kain flanel yang tepat, kualitas kain flanel tetap terjaga dengan baik.

Baca juga:

Tidak ada komentar